6 Tips yang Harus Dilakukan Agar Personalisasi Email Marketing Anda Lebih Efektif

November 30, 2016 - Pemasaran digital

Kemajuan teknologi memacu masyarakat untuk berpikir dan melakukan sesuatu secara berbeda. Perkembangan internet, computer ataupun perangkat mobile ikut merubah berbagai aktifitas menjadi serba digitalisasi. Dari segi ekonomi, keadaan tersebut kemudian menumbuhkan sebuah strategi baru dalam pemasaran yang dikenal dengan sebutan ‘Digital Marketing’ salah satu metode yang kerap digunakan dalam ‘Digital Marketing’ ini yaitu dengan memanfaatkan ‘Email Marketing’

Sebuah studi mengatakan ada sekitar 2,5 Miliar pengguna email di seluruh dunia, atau dengan kata lain 1 dari 3 orang penduduk dunia memiliki sebuah akun email. Tentu saja ini merupakan peluang besar yang menjadi incaran dalam dunia bisnis. Berbagai pemilik bisnis memanfaatkan email atau surat elektronik ini untuk memikat calon konsumen atau mempertahankan konsumen lama. Dengan cara memanfaatkan media email untuk menawarkan berbagai barang atau jasa.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pelaku bisnis dengan menggunakan email marketing diantaranya meringankan biaya promosi, pengiriman informasi yang lebih cepat, membangun hubungan baik dengan pelanggan, bisa mendapatkan konsumen baru dengan lebih cepat, karena dengan berkirim pesan melalui email konsumen yang menerima email tersebut bisa dengan cepat dan leluasa meneruskannya kepada kenalannya yang dianggap akan tertarik dengan penawaran di dalam email tersebut. Dan masih banyak lagi keuntungan lain yang dapat diperoleh dari penggunaan email marketing.

6 Tips yang Harus Dilakukan Agar Personalisasi Email Marketing Anda Lebih Efektif

Namun, dalam dunia marketing relevansi berada diatas segalanya, semakin relevant informasi yang Anda kirimkan kepada konsumen semakin besar pula kemungkinan Anda mendapatkan respon dari konsumen. Dan personalisasi adalah salah satu cara sederhana untuk membuat relevansi. Oleh karena itu agar personalisasi email marketing Anda bisa berhasil dan efektif dalam menarik hati para konsumen ada beberapa tips yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Kelompokkan Daftar Pelanggan

Pengelompokkan daftar pelanggan merupakan hal sederhana yang sangat membantu untuk mencapai target personalisasi email marketing. Sekarang Anda mulai berpikir apa pentingnya pengelompokkan ini. Jadi misalkan saja, Ada banyak daftar pelanggan dalam email marketing Anda. Namun semua orang yang ada dalam daftar pelanggan ini tentu saja tidak memiliki keinginan dan tujuan yang sama ketika memilih mengikuti email marketing Anda. Agar tujuan personalisasi email marketing Anda tepat sasaran tentu saja hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mengelompokkan orang-orang yang ada di dalam daftar ini berdasarkan kriteria tertentu.

Kenapa demikian? Agar tujuan Anda tepat sasaran berarti Anda harus tanggap kapan sebuah informasi dianggap penting oleh sekelompok pelanggan dan kapan informasi tersebut tidak berarti apa-apa bagi sekelompok pelanggan. Jangan sampai Anda mengirimkan informasi kepada pelanggan yang sama sekali tidak membutuhkan informasi tersebut.

Oleh karena itu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengelompokkan daftar pelanggan. Ada dua cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meraih tujuan ini.

Pertama, Tanyakan Pertanyaan Yang Tepat

Langkah pertama yang paling sederhana dalam mengelompokkan daftar pelanggan cukup dengan menanyakan sebuah atau beberapa pertanyaan yang tepat. Seperti kenapa mereka mengunjungi website bisnis Anda atau mengapa mereka memilih menjadi seorang pelanggan, atau kenapa mereka memutuskan untuk berlangganan dengan layanan email Anda atau sampaikan apa yang ingin Anda tawarkan dengan cara memberikan pertanyaan.

Nah, untuk mendapatkan hal tersebut Anda cukup memberikan sebuah pertanyaan sederhana yang dapat direspon dengan mudah oleh pelanggan. Dari hasil respon tersebut Anda dapat menggolongkan mereka ke dalam kelompok-kelompok tertentu. Sehingga kedepannya email yang Anda kirimkan kepada pelanggan lebih terarah dan tepat sasaran.

Kedua, Ciptakan Personalia Pelanggan

Berbeda dengan pengelompokkan dengan memberikan pertanyaan sederhana, cara ini lebih kepada mengumpulkan dan menganalisa berbagai data. pengelompokkan ini didasarkan kepada gerak gerik yang selama ini diperlihatkan oleh pelanggan. Seperti browser atau download history.

2. Judul atau Subjek Email

Sekitar 35% pengguna email di dunia memilih untuk membuka email yang masuk berdasarkan Judul atau Subjek email yang tertera. Hal ini secara pasti membuat Subjek Email menjadi penentu grafik open rate dari email marketing Anda. Dalam menentukan Subjek Email usahakanlah memilih subjek yang ringkas.

6 Tips yang Harus Dilakukan Agar Personalisasi Email Marketing Anda Lebih Efektif

Email yang paling efektif untuk memikat hati para pelanggan adalah email yang memiliki subjek pendek. Sebuah studi oleh Sendgrid memperlihatkan bahwa email dengan subjek yang terdiri dari tiga kata memiliki Ranking Pembaca tertinggi dibandingkan dengan email lainnya meskipun belum tentu isi dari email tersebut juga ringkas. Pastikan subjek email Anda menggambarkan keseluruhan dari isi email yang Anda kirimkan.

3. Waktu Pengiriman

Sudah jelas bahwa orang tidak setiap waktu membuka email mereka, ketika mereka berada pada jam sibuk maka mereka akan mengabaikan begitu saja notifikasi email yang masuk tanpa membacanya. Jika Anda salah memilih waktu yang tepat maka otomatis itu akan berdampak kepada penurunan open rate email marketing Anda yang berujung kepada berkurangnya informasi yang dapat diterima oleh pelanggan.

Hasil studi yang dilakukan oleh WordStream mengatakan bahwa open rate yang terjadi pada week-end, senin dan jumat rendah jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Menurut WordStrema Selasa hingga Kamis sepanjang jam kerja atau sekitar jam 13.00 – 15.00 adalah jam terbaik untuk mengirimkan email Anda. Karena pada saat itu adalah saat yang tepat untuk meningkatkan open rate.

4. Email Otomatis

Salah satu tujuan pengunaan Personalisasi email Marketing adalah  agar informasi mengenai barang dan jasa yang ditawarkan oleh Pelaku bisnis bisa dengan cepat diterima oleh pelanggan. Namun terkadang beberapa pelaku bisnis setelah memperbaharui daftar barang baru di website, mereka lupa untuk menginformasikannya kepada pelanggan. Tentu saja ini sangat merugikan.

6 Tips yang Harus Dilakukan Agar Personalisasi Email Marketing Anda Lebih Efektif

Untuk mengatasi terjadinya hal seperti ini Anda bisa memanfaatkan Automated Trigger Email, dengan kata lain ketika Anda memasukkan hal baru di Website bisnis Anda, maka hal tersebut secara otomatis tersampaikan kepada pelanggan Anda secara otomatis melalui email.

5. Personalisasi Bisnis Anda

Personalisasi bisa memperkecil jarak antara Anda dan pelanggan, namun bicara mengenai personalisasi tidak hanya secara terus menerus membahas pelanggan saja. Sesekali lakukan juga personalisasi dari pihak Anda sendiri.

Sebagai contoh. Perusahaan HubSpot melakukan sebuah penelitian dengan mengirimkan 2 buah email kepada pelanggan mereka. Satu email mengatas namakan HubSpot dan satu email lagi berasal langsung dari salah satu karyawan marketing HubSpot. Penelitian ini membuktikan bahwa email yang berasal dari karyawan tim marketing memiliki rating yang lebih tinggi yaitu sebesar 0.96% dari email yang mengatasnamakan HubSpot yang hanya memiliki rating sebesar 0.73%.

6. Samakan Kegiatan

Melakukan personalisasi email marketing memang merupakan cara yang efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Namun bukan berarti itu satu-satunya yang bisa Anda lakukan. Satu hal penting lagi yang harus Anda lakukan adalah menyamakan kegiatan dan konten yang ada dalam personalisasi email marketing Anda dengan kegiatan atau content yang ada pada landing page. Selain arahan, isi dan kegiatan yang sama baik di email marketing ataupun landing page hendaklah juga memiliki Personalisasi panggilan layanan pelanggan yang sama.

Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih percaya dan menemukan lebih banyak ketertarikan karena Anda melakukan personalisasi content berdasarkan data yang ada.

Itulah tadi 6 tips penting yang patut Anda coba demi meningkatkan efektivitas personalisasi email marketing Anda. Namun walaupun demikian satu hal penting lagi yang mendasari segalanya yaitu jangan pernah membiarkan pelanggan Anda tidak mendapatkan balasan dari pertanyaan mereka karena itu bisa bersifat sangat fatal. Selain itu jangan takut untuk mencoba strategi-strategi baru untuk mendorong usaha marketing Anda mencapai Goal yang lebih memuaskan lagi.

Share this