Tips Memaksimalkan Sosial Media Untuk Kebutuhan Marketing

January 30, 2016 - Pemasaran digital

Pertumbuhan pengguna sosial media di dunia dari tahun ke tahun terus meningkat. Sudah dapat kita tebak, pertumbuhan yang sangat pesat ini tentu dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang juga semakin maju. Dengan berkembangkan teknologi, semua orang di berbagai belahan bumi dapat terhubung satu sama lain hanya dengan bantuan sebuah perangkat smartphone di dalam genggaman. Perkembangan teknologi dan maraknya pengguna media sosial ini tentu sudah banyak mengubah pola bisnis di dunia ini. Tren berbelanja di toko fisik sudah hampir ditinggalkan karena berbelanja secara online lebih cepat dan mudah. Berbagai kemudahan dan keuntungan ditawarkan membuat bisnis online semakin digemari banyak orang.

Dengan banyaknya peminat bisnis online dan maraknya pengguna sosial, sebagai pelaku bisnis yang baik tentu kita harus pandai menempatkan diri. Memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk adalah jalan yang mudah namun tidak semua orang mengerti untuk melakukannya. Berikut ini saya ingin memberikan beberapa tips yang dapat anda coba agar sosial yang anda dapat mendukung kebutuhan marketing untuk bisnis yang anda jalankan.

Social Media Marketing

1. Pelajari Perilaku Pengguna Masing-masing Sosial Media

Pintar menempatkan diri adalah kunci dari poin pertama ini. Setiap pengguna media sosial tentu memiliki perilaku dan tren-nya masing-masing. Sebelum mulai melakukan kegiatan promosi pada salah satu media sosial bisnis yang dimiliki, anda harus mempelajari bagaimana perilaku dari pengguna sosial media tersebut. Sebagai contoh, jika anda ingin melakukan promosi lewat sosial media Instagram, anda harus mempelajari terlebih dahulu foto seperti apa yang biasanya paling disukai audience. Jika anda sudah mengetahui dan paham barulah anda melakukan promosi. Hal ini juga perlu anda terapkan pada sosial media lainnya. Pelajari tweet seperti ada di twitter yang paling banyak di respon, postingan seperti apa di facebook yang paling banyak mendapat like dan share. Jika anda sudah memahami perilaku masing-masing audience dari berbagai sosial media yang ada, anda sudah menguasai poin paling penting dalam hal sosial media marketing!

Social Media Marketing

2. Jadilah Tuan Rumah Sosial Media yang Baik

Tidak hanya dalam urusan rumah tangga saja anda harus menjadi tuan rumah yang baik, dalam hal mengurusi sosial media perusahaan yang anda miliki juga anda harus melakukan yang sama. Jadilah pendengar yang baik, beri respons yang baik untuk setiap komentar yang diberikan para pengikut sosial media anda. Jangan biarkan mereka merasa terabaikan karena anda tidak pernah merespon komentar-komentar yang masuk. Jika anda menjalankan sebuah bisnis berbasis website, fasilitasi website anda dengan layanan live chat terbaik sehingga setiap pengunjung yang masuk ke website anda dapat bertanya dan berinteraksi langsung dengan anda.

3. Utamakan Kualitas dan Selalu Konsisten

Ada banyak para pelaku bisnis yang senang melakukan bom kepada pengikut sosial media mereka dengan cara memberikan pesan marketing yang bertubi-tubi. Hal ini tentulah tidak baik, akan jauh lebih baik jika anda membuat sebuah konten yang berkualitas dan diatur secara konsisten. Sebuah pesan marketing yang dibuat dengan kehati-hatian, dengan mempelajari kegemaran follower, dan tidak semata berbahasa marketing akan jauh lebih efektif dan memberikan hasil signifikan. Jika anda sudah meguasai kegemaran audience seperti yang sudah dijabarkan pada poin pertama tadi, tentu akan sangat mudah bagi anda untuk membuat sebuah konten yang berkualitas dan digemari pengikut sosial media anda.

Social Media Marketing

4. Buat Sosial Media anda Layaknya Santa Claus

Menjadi tuan rumah yang baik tentu sudah cukup untuk mengambil hati para calon konsumen anda. Namun jika anda bisa menjadi Santa Claus bagi mereka mengapa tidak anda coba lakukan? Pernahkan anda berpikir dalam 1 tahun sekali, anda memberikan sebuah bingkisan spesial kepada mereka yang berulang tahun dengan tanggal yang anda pilih secara acak? Cobalah untuk mulai memikirkan hal ini. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan hal ini, cukup berikan pengikut sosial media yang anda pilih tanggal ulang tahunnya secara acak dengan sebuah kado unik yang jarang diberikan orang lain.

Nah itulah 3 + 1 langkah mudah yang dapat anda tempuh untuk memaksimalkan sosial media yang anda kelola untuk memenuhi kebutuhan marketing bisnis anda. Kunci dari promosi lewat sosial media adalah pemahaman akan perilaku asing-masing pengikut sosial media dan fungsi asing-masing sosial media tersebut. Tertarik mencoba tips ini? :)

Share this