Tingkatkan Penjualan Dengan Instagram Advertising

Mulai 30 September Instagram memberikan solusi periklanan yang baru untuk semua pengiklan di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk membantu para pengusaha atau bisnisman meningkatkan brand awareness dan penjualan. Dengan 400 juta user aktif di instagram dan lebih dari 75 juta sehari, Instagram merupakan tempat iklan yang menjanjikan kesuksesan bagi beberapa usaha.

quang-cao-instagram-2Fokus instagram tertuju kepada cerita visual menggunakan gambar dan video. Beberapa kategori produk sangat sukses di instagram seperti fashion, produk kecantikan, mobil, makanan, travel, film, kebugaran, dan lain-lain. Semua customer tertarik hanya dengan gambar atau video di instagram. Instagram juga tidak memerlukan banyak teks seperti facebook dan tempat iklan lainnya. Apa yang harus Anda lakukan adalah membuat visual yang bisa menarik perhatian orang-orang.

Jika Anda menargetkan customer yang menggunakan smartphone atau mobilephone, buatlah akun instagram Anda dan mulailah beriklan sekarang!

Dalam artikel ini Anda akan menemukan bagaimana cara membuat iklan di instagram.

1. Hubungkan akun Instagram Anda ke Facebook

Pertama Anda harus mempunyai akun instagram atau menghubungkan akun instagram yang sudah ada dengan page facebook, yang mana akan mengizinkan Anda membuat iklan untuk instagram dengan Facebook Power Editor.

Untuk memulainya, langsung saja ke page facebook dan klik settings di pojok atas kanan. Di kolom kiri, klik Instagram Ads setelahnya tap Add an Account Button.

aaJika Anda sudah punya akun Instagram, pilih Add an Existing Account, Masukan username dan password instagram Anda kemudian klik Confirm.

instagram-ads 1Jika Anda tidak memiliki akun instagram, Anda bisa membuatnya satu form yang ada di facebook. Pilih Create a New Account, masukan username untuk akun Instagram Anda dan ketik email Anda. Ketika sudah selesai klik Confirm.

Cek email tentang akun Instagram baru Anda. Kemudian ikuti arahan untuk menentukan Password. Ketika semua tahap sudah selesai, akun instagram Anda akan terhubung dengan Page Facebook Anda.

instagram-ads 2.jpgAkun Instagram Anda sekarang terhubung dengan akun Page Facebook. Sekarang Anda bisa menggunakan Facebook Power Editor untuk membuat iklan di Instagram.

2. Buat Iklan menggunakan Facebook Power Editor

Untuk memulainya, login ke Power Editor Anda, pilih akun advertising Anda dan klik Create Campaign.

Screenshot_16Semua setting dari Instagram ads sama dengan facebook ads, termasuk Budget, Schedule, Audiens, Placement, Optimisasi, dan Delivery, Advanced Delivery.

Untuk memastikan iklan Anda terpampang di akun instagram Anda, Anda harus mengecek post Instagram Placement untuk iklan Anda yang disediakan instagram.

3. Pilih tipe iklan (Ad Type)

Ada 3 jenis iklan di instagram: Klik menuju situs Anda, Instalasi aplikasi mobile dan iklan video (panjangnya sampai 30 detik).

2Dalam 3 jenis iklan ini, terdapat 3 kunci unit iklan yang bisa Anda gunakan yaitu : image, video, dan carousel ads (iklan korsel). Image ads adalah foto biasa dengan button yang mengarahkan user ketika mengklik iklan Anda. Carousel ads adalah kumpulan gambar yang bisa di lihat oleh user.

11057025_479741758842785_1461790909_nCarousel ads membuat brand memberitahukan cerita yang lebih banyak dalam satu unit iklan. Semua dari pilihan iklan ini akan mengasilkan hasil tergantung apa yang ingin Anda capai.

4. Target audiens yang benar

Umumnya kebanyakan opsi target iklan facebook terdapat juga untuk Instagram ads. Hal ini mencakup lokasi, Kesukaan, demografis, interest, aksi, dan lainnya. Anda dapet menggunakan target yang sema dengan iklan facebook untuk pengiklanan di Instagram.

iklan instagramAda beberapa cara untuk menargetkan pelanggan Anda tapi Anda harus membutuhkan beberapa data yang dibutuhkan seperti target, lokasi, umur, jenis kelamin, dan interest.

Target lokasi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok dari kota, propinsi, kode pos, dan Negara, yang mana membantu Anda mengincar customer yang benar di wilayah yang Anda ingin jual. Terlebih lagi dengan menggunakan target option dan membuat iklan yang spesifik untuk tiap lokasi, and adapt membuat landing page lokal. Hal ini akan berpengaruh ke CTR dan ROI iklan anda.

Menargetkan umur dan jenis kelamin memastikan Anda menunjukan iklan ke calon pelanggan yang benar. Sebagai contoh Anda menargetkan wanita dengan umur 30. Anda tidak ingin siswa SMA melihat dan mengklik iklan Anda kan?

Target yang diperlukan lainnya adalah interest yang membantu Anda menjangkau user facebook. Orang-orang facebook beberapa kali Following berbagai macam brand dan aktifitas favoritnya. Target berdasarkan intereset mengizinkan Anda mengetahui pikiran user facebook. Hal ini sangat berguna dan memiliki efek positif kepada ROI. Tujuannya yaitu hanya menunjukan iklan ke user secara spesifik yang kemungkinan besar tertarik produk dan jasa Anda.

Selain target target ini, Anda bisa menggunakan Behaviors, Custom Audiens, Look a like audiens untuk menargetkan calon pelanggan.

5. Masukan Call to action (panggilan untuk aksi)

Instagram-Action-Oriented-Blog-Post-Mock-UpUntuk mengarahkan calon customer ke jalan yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menambahkan call to action. Dengan Instagram ads, sekarang tidak ada ketentuan tentang panjangnya teks yang bisa Anda buat. Anda bisa memasukan call to action di sini. Masukan call action seperti: Belanja sekarang! Diskon!, Install sekarang dapat poin!, Ayo daftar sekarng! Dll.

Umumnya dengan promosi lewat instagram, Anda bisa membentuk hubungan dengan calon pelanggan Anda dengan cara baru. Tidak hanya menggunakan target calon pelanggan Anda tapi Anda juga bisa mengikat mereka untuk meningkatkan kesadaran brand Anda.

 

Share this

December 22, 2015 - Pemasaran digital