Setiap Digital Marketer Wajib Tahu 10 Metriks Ini!

January 28, 2016 - Pemasaran digital

Membuat campaign online marketing bukanlah pekerjaan mudah. Anda harus berhadapan dengan kesulitan setiap hari dari mengurus website sendiri sampai mengurus calon pelanggan. Untuk menganalisa seberapa berhasilnya strategi marketing online kita, kita butuh sesuatu yang dapat memastikan seberapa suksesnya digital marketing kita. Apakah efisien? Anda dapat mengetahuinya jika mengerti apa yang terjadi di website Anda. Apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam website Anda.

digital-marketingAkan tetapi, dengan banyak data yang tersedia dan dengan mudah dapat diakses, memilih tipe matriks yang benar untuk diperhatikan bisa jadi suatu momok yang menakutkan untuk para marketer. Hal ini akan mengonsumsi waktu yang banyak jika anda memperhatikan semuanya, termasuk beberapa metriks yang tidak terlalu berpengaruh atas kesuksesan campaign marketing online Anda. Pilihan yang bijak dan tepat adalah memperhatikan metriks yang berpengaruh terhadap perkembangan bisnis dan pendapatan Anda. Inilah 10 metriks yang paling penting dan wajib diketahui oleh para digital marketer.

1. Page views dan unique visitors

pageview-visit-unique-blog-postJumlah kunjungan ke website Anda dapat merefleksikan seberapa menariknya website Anda. Jika Anda mempunyai sebuah website dengan traffic kunjungan rata-rata yang baik setiap harinya itu adalah hal yang baik. Jika sewaktu-waktu berubah secara signifikan, traffic langsung turun drastis. Ini pertanda ada yang salah. Dengan melihat statistic ini, Anda akan memiliki informasi tentang seberapa kuat situs Anda. Akan tetapi, ketika menilai trafik situs, jangan hanya fokus kepada page views. Unique visitors (pengunjung yang unik) terlihat lebih penting. Semakin banyak unique visitors yang anda dapatkan, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan calon pelanggan.

2. Traffic sources / Sumber trafik

Jika Anda menggunakan beberapa kampanye / campaign digital marketing yang berbeda, termasuk SEO campaign ( Search Engine Optimization), PPC campaign (Cost Per Click) dan juga Sosial Media Campaign, Anda harus mengetahui kampanye yang mana yang dapat membawa trafik ke website Anda. Anda dapat dengan mudah mengetahui keefektifitasan tiap kampanye Anda. Terlebih lagi dengan metriks ini anda dapat mengetahui informasi dari keyword apa atau frase keyword apa saja yang harus menjadi fokus dalam digital marketing Anda.

3. Device Traffics / Perangkat Trafik

device-traffic1Metriks lainya yang harus Anda ketahui adalah device traffics. Anda dapat membuat iklan ke setiap perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel pintar. Jadi mengetahui informasi ini akan memudahkan untuk membagi budget setiap perangkat. Khususnya, sekarang ini semakin banyak orang-orang mengakses website lewat smart phone mereka, dan banyak transaksi terjadi via mobile. Hal ini dapat menunjukan iklan di mobile sangat berpotensi untuk setiap bisnis. Karena itu trafik dari mobile suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan.

4. Average time on site / Waktu rata-rata di website

time-on-siteAnda dapat menilai seberapa menariknya situs Anda dengan berapa lama rata-rata visitor mengunjungi website Anda. Hal ini sangat penting dalam menilai seberapa baik dan relevan konten Anda, karena visitor hanya akan mencerna konten Anda ketika mereka melihat website Anda menarik, berguna, dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Average page views per visit / Jumlah rata-rata lihat page per kunjungan.

Membuat trafik menuju ke website adalah salah satu hal yang paling penting dan merupakan komponen dalam kampanye digital marketing. Semakin banyak page/halaman yang dikunjungi, semakin lama mereka bertahan di website Anda, Semakin tinggi pula kemungkinan mereka menjadi pembeli/pelanggan. Ketika anda menjalankan marketing campaign berbayar seperti PPC campaign, Anda dapat memilih landing page dimana pengunjung Anda mendarat setelah meng-klik iklan Anda. Itu bisa jadi homepage website, ataupun halaman produk. Untuk membuat penjualan, beberapa kali mereka harus melawati halaman website lainnya. Jadi jika average page views tinggi. Itu berarti mereka tertarik dengan website dan produk/jasa Anda.

6. Rate of return visitors / rata-rata kembalinya visitor

Website yang berkualitas tidak didefinisikan hanya dengan jumlah trafik yang diterima setiap harinya, akan tetapi juga dengan rata-rata kembalinya visitor. Pengunjung bisa kembali ke website Anda dengan beberapa alasan. Jika Anda mengetahui hal ini, Anda dapat mengoptimisasi website Anda lebih baik untuk melayani pengunjung berharga ini.

7. Bounce Rate

Bounce rate adalah persentasi setiap sesi pada halaman website ( Sesi di sini berarti orang meninggalkan situs Anda dari halaman masuk tanpa berinteraksi dengan halaman website).

bounce-rateTidak semua pengunjung bertahan lama di website, atau mengunjungi halaman lainnya sebelum meninggalkan website kita, beberapa akan pergi langsung jike mereka melihat konten yang ditawarkan berbeda dengan yang mereka cari. Mengetahui bonce rate dapat memberikan pengelihatan seberapa baiknya konten. Terlebih lagi informasi ini dapat memberikan seberapa revelan landing page Anda dengan pencarian visitor di Search engine. Jika Anda melihat bounce rate landing page sangat tinggi, inilah saatnya Anda melihat dan intropeksi website Anda, berpikir untuk mengubah landing page agar mendapatkan performa yang lebih baik.

8. Conversion Rate / konversi rata-rata

conversion-rateMenelusuri jumlah konversi sangat penting, mengetahui rata-rata konversi itu sangat berharga. Berapapun nilai konversi rate Anda, itu bisa menjadi kumpulan informasi tentang pengunjung website, calon customer, atau konversi pengunjung website menjadi penjualan, memantau konversi rate memberika Anda pengetahuan tentang aspek-aspek khusus dalam digital marketing yang dapat memberikan hasil terbaik, karena konversi rata-rata dihitung dengan jumlah dari konversi dibagi total klik iklan yang dapat diliat menjadi konversi selama periode waktu yang sama. Jika konversi rata-rata Anda tinggi, kampanye marketing Anda bagus. Telusuri matriks ini setiap hari untuk melihat performanya dan peningkatannya.

9. Cost per conversion / Harga per konversi

Setiap konversi memiliki nilainya sendiri. Semakin banyak konversi yang didapat, semakin baik juga performa marketing campaign Anda. Akan tetapi, jika Anda membayar lebih tinggi untuk sebuah konversi dari nilai asilnya, hal ini sangatlah buruh. Pastikan metriks ini untuk memberikan pengetahuan tentang seberapa menguntungkan kampanye Anda.

10. Return on investment (ROI)

ROIIni adalah tujuan akhir dari setiap bisnis. Telusuri return on investment Anda dalam digital marketing membantu Anda membedakan usaha terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika anda tidak memonitor ROI, Anda dapat membuang-buang uang ke dalam bagian marketing yang tidak berguna.

Kesimpulan

Sekali lagi, monitor atau awasi matriks ini sangatlah penting untuk usaha online Anda, karena metriks ini menggambarkan sebagai indikator seberapa suksesnya usaha digital marketing Anda. Dengan menelusuri informasi ini, anda kan memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi komponen digital marketing mana yang bekerja dan komponen mana yang tidak bekerja. Hal ini memungkinkan perbaikan ataupun peningkatan dalam meraih ROI setinggi mungkin.

Share this