7 Langkah Memulai Bisnis Online

Ada beberapa langkah yang mampu meningkatkan peluang kesuksesan Anda ketika memulai bisnis online. Jika ditilik dari berbagai orang yang telah menjalaninya dengan sukses, maka mereka melakukan langkah berikut untuk menjadikan bisnis online-nya sukses:

  1. Temukan kebutuhan dan penuhi
  2. Ciptakan rumus penjualan yang efektif
  3. Desain dan bangun website yang mudah digunakan
  4. Manfaatkan mesin pencari untuk menarik traffic ke website
  5. Bangun reputasi sebagai expert pada diri sendiri
  6. Follow-up para pelanggan dan mereka yang berlangganan (subscriber) lewat email
  7. Tingkatkan pendapatan dengan penjualan back-end dan upselling

Siapapun dia, mulai dari pemula hingga wiraswasta yang berpengalaman bisa mendapatkan banyak hal yang berharga dari proses ini, terutama ketika baru memulai bisnis online mereka.

Langkah 1: Temukan kebutuhan dan penuhi

Sebagian besar orang yang baru saja memulai bisnis membuat kesalahan dengan mencoba menciptakan produk terlebih dahulu, baru disusul oleh ‘pasar’ setelahnya.

Memang itu bisa jadi berhasil, tetapi ada baiknya untuk meningkatkan peluang kesuksesan, kita memulainya dengan ‘pasar’ terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengidentifikasi kelompok orang yang sedang mencari solusi terhadap suatu permasalahan tetapi mereka tidak menemukannya.

Ketika Anda akan mulai mengeksekusi inisiatif ini, internet bisa membuat aktivitas identifikasi tersebut menjadi mudah, seperti misalnya:

  • Mengunjungi forum online untuk mengecek pertanyaan apa yang ditanyakan oleh kebanyakan orang dan masalah apa yang sedang mereka coba pecahkan
  • Melakukan penelitian kata kunci (keyword) untuk menemukan kata kunci yang dicari-cari orang, tetapi tidak banyak website yang berkompetisi untuk menjadi yang teratas dari hasil pencarian kata kunci tersebut
  • Mengecek kompetitor potensial dengan mengunjungi website mereka dan memberikan catatan tentang apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan dari para pelanggan. Dari sana, Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk menciptakan produk bagi pasar yang sudah ada – namun memiliki penawaran (baik itu dari segi harga ataupun nilai) yang lebih baik dari para kompetitor

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 2: Ciptakan rumus penjualan yang efektif

Ada rumus penjualan yang cukup terbukti dalam menuntun pengunjung di sepanjang proses penjualan, dari momen mereka mengenal produk pertama kali hingga akhirnya melakukan pembelian. Diantaranya seperti ini:

  1. Menciptakan ketertarikan dengan headline yang menarik
  2. Mendeskripsikan masalah yang dipecahkan oleh produk Anda
  3. Memantapkan kredibilitas sebagai pemecah masalah dari isu yang dihadapi pelanggan
  4. Memperlihatkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda
  5. Berbicara tentang produk dan bagaimana itu bisa berguna bagi pelanggan
  6. Membuat penawaran
  7. Menawarkan garansi atau jaminan yang kuat terhadap performa produk
  8. Menciptakan urgensi untuk membeli
  9. Menanyakan kebersediaan mereka untuk membeli

Di sepanjang perjalanan menuntun pelanggan agar mereka tertarik dan membeli produk, Anda harus berfokus lebih pada isu bagaimana produk atau jasa Anda dapat secara unik memecahkan masalah yang dihadapi mereka. Dengan kata lain, bagaimana produk Anda membuat hidup mereka lebih baik atau mudah.

Anda harus berpikir seperti pelanggan, dan bertanya pada diri sendiri: “Apa yang akan produk ini berikan pada saya?”.

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 3: Desain dan bangun website yang mudah digunakan

Ketika Anda sudah mengidentifikasi pasar dan produk yang akan ditawarkan, serta rumusan proses penjualan yang akan dipakai, maka Anda telah siap untuk mendesain website bagi bisnis Anda. Ingatlah untuk membuatnya tetap sederhana. Karena Anda hanya punya kurang dari 5 detik untuk mencuri perhatian dari pengunjung – jika tidak, mereka akan pergi dan Anda tidak akan pernah melihatnya kembali.

Berikut beberapa tips teknis untuk dipertimbangkan:

  • Pilih satu atau dua jenis huruf (font) dengan latar belakang warna putih
  • Buat navigasi website yang jelas dan sederhana, di setiap halaman
  • Hanya gunakan gambar, grafik, music, audio, atau video jika itu membantu dalam menyampaikan pesan
  • Ciptakan pilihan untuk penawaran khusus seperti newsletter, sehingga Anda bisa mendapatkan alamat email mereka
  • Buatlah prosedur yang mudah untuk melakukan pembelian – Cukup sekitar 2 klik, dan pelanggan bisa melakukan pembelian kemudian checkout
  • Website Anda adalah toko virtual Anda, maka buatlah seramah dan senyaman mungkin bagi pelanggan

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 4: Manfaatkan mesin pencari untuk menarik traffic ke website

Iklan dengan skema pay-per-click (PPC; atau ‘bayar-per-klik’) adalah cara termudah untuk menarik traffic ke website baru Anda. Metode ini memiliki dua keuntungan dibanding menunggu dan mengharapkan para pengunjung datang.

Pertama, iklan PPC membuat website Anda diprioritaskan, sehingga bisa langsung muncul di halaman pencarian. Alasan kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji berbagai kata kunci (key word), termasuk juga headline, harga, dan strategi penjualan.

Dengan metode ini, maka Anda tidak hanya akan mendapatkan traffic kunjungan yang meningkat secara instan, tetapi juga menggunakan iklan sebagai sarana menemukan kata kunci yang paling efektif dan menarik di mata pengunjung. Dari sana, maka Anda bisa memanfaatkan kata kunci tersebut sebagai materi konten utama dalam website Anda, termasuk dalam coding ketika membangun website. Dengan taktik SEO (search engine optimization) seperti ini, pada akhirnya website Anda menduduki urutan yang baik di hasil halaman mesin pencari.

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 5: Bangun reputasi sebagai expert pada diri sendiri

Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Maka jika Anda menyediakan informasi terkait secara gratis, orang akan mengunjungi website Anda, dan Anda akan mendapatkan peningkatan traffic sekaligus juga urutan di mesin pencari yang lebih baik. Hal ini hanya akan berjalan dengan catatan Anda selalu menyertakan link dalam konten yang Anda bagikan, menuju website Anda.

  • Berikan konten yang baik dan juga gratis. Buatlah artikel, video, atau konten lainya yang orang nilai sebagai sesuatu yang berguna. Distribusikan konten tersebut lewat direktori artikel online atau media sosial.
  • Sertakan fitur berbagi seperti “send to a friend” atau semacamnya pada artikel di website Anda
  • Jadilah seorang ‘ahli’ di forum-forum dan juga dalam media sosial, atau tempat lainnya di mana target market Anda biasa aktif

Anda bukan hanya akan berhasil menyentuh para pembaca dan pengunjung baru, tetapi jauh lebih baik dari itu, setiap situs yang mempublikasikan konten Anda akan tersambung kembali ke website Anda. Teknik seperti ini sangat disukai oleh mesin pencari dan berdampak pada urutan yang lebih baik di hasil pencarian.

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 6: Follow-up para pelanggan dan mereka yang berlangganan (subscriber) lewat email

Anda bisa menggunakan email marketing sebagai salah satu opsi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. Ketika Anda memberikan pilihan untuk bergabung dalam mailing list (biasanya berupa kolom subscribe, newsletter, atau semacamnya), maka Anda sedang menciptakan salah satu aset paling berharga ketika memulai bisnis online Anda. Pelanggan dan mereka yang berlangganan (subscriber) telah memberikan izin untuk mengirimkan mereka email.

Hal-hal yang bisa kita interpretasikan ketika pelanggan berlangganan atau mendaftarkan email-nya adalah:

  • Anda memberikan sesuatu yang mereka cari atau minta
  • Anda mengembangkan relasi jangka panjang dengan mereka
  • Anda mendapatkan respon yang terukur (siapa yang tertarik, berapa banyak, dan lainnya)
  • Pemasaran email lebih murah dan lebih efektif daripada media cetak, TV, atau radio karena biayanya yang minimal dan sasarannya lebih jelas

Siapapun yang mengunjungi situs Anda dan mendaftarkan diri di newsletter Anda adalah calon pelanggan yang sangat potensial (hot lead). Dan tentunya email merupakan satu media yang sangat cocok untuk menindaklanjuti kesempatan tersebut.

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah 7: Tingkatkan pendapatan dengan penjualan back-end dan upselling

Salah satu taktik pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai perusahaan dalam benak setiap pelanggan secara terus-menerus. Menurut satu survei, setidaknya 36% orang yang telah membeli dari Anda akan kembali membeli jika Anda menawarkan mereka, atau dengan kata lain: mem-follow up. Namun tentunya mendapatkan transaksi pertama adalah hal yang paling sulit (dan sangat mungkin juga yang paling mahal biayanya bagi perusahaan).

Teknik penjualan back-end dan upselling (menjual lebih dari apa yang sebelumnya akan dibeli) dapat menjadi cara untuk membuat mereka kembali tertarik untuk melakukan pembelian. Bentuknya bisa berupa:

  • Menawarkan produk yang melengkapi pembelian pertama atau original mereka
  • Mengirimkan kupon elektronik ‘loyalty’ untun memancing mereka menggunakannya di kunjungan berikut
  • Menawarkan produk terkait pada halaman atau email “Terima Kasih” ketika mereka selesai melakukan pembalian

Tentu masih ada berbagai taktik lainnya. Tetapi pada intinya, hargai dan berilah penghargaan pada pelanggan Anda untuk loyalitas mereka, maka mereka pun akan semakin loyal pada bisnis Anda.

Penutup

Itulah 7 tips dari kami tentang bagaimana mengembangkan atau memulai bisnis online. Kita tentunya sadar bahwa dunia Internet berubah begitu cepat, hingga ada idiom bahwa satu tahun di dunia online bisa setara seperti lima tahun di dunia nyata. Meskipun begitu, prinsip-prinsip untuk memulai bisnis online dan mengembangkannya tidak berubah begitu drastis.

Jika Anda baru saja memulai bisnis online, maka ada baiknya untuk memperhatikan dan mengikuti alur tahapan yang baru kita diskusikan. Jika Anda sudah berada di medan bisnis online, maka Anda bisa melakukan review serta melihat apakah ada langkah yang terlewatkan atau belum pernah dieksekusikan sebelumnya. Karena bagaimanapun juga poin-poin yang kita diskusikan ini adalah ide dasar memulai bisnis online, dan tidak ada salahnya untuk selalu mengecek dan memperkuat fondasi bisnis online Anda.

Diadaptasi dari entrepreneur.com

Share this

November 18, 2016 - Pemasaran digital