Kiat-kiat Jitu Agar Usaha Marketing di Media Sosial Sukses

December 15, 2016 - Pemasaran digital

Apakah Anda baru saja memulai strategi pemasaran menggunakan media sosial? Atau Anda sudah melakukan berbagai usaha, namun tak kunjung mendapatkan hasil yang Anda inginkan? Agar usaha marketing di media sosial sukses, mengikuti tren media sosial saja tidaklah cukup. Anda harus mengetahui apa saja yang wajib dan yang pantang dilakukan. Karena dengan demikian, Anda dapat memangkas waktu dan tenaga, dan menuai keuntungan dalam waktu singkat.

Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat berupa kewajiban dan pantangan yang harus Anda pelajari untuk menjamin marketing di media sosial sukses:

Konten

konten berkualitas menjamin marketing di media sosial sukses

Membuat konten yang berkualitas adalah fondasi dari kampanye pemasaran di media sosial.

    Beberapa hal yang wajib Anda lakukan dalam membuat konten:

  • Post sesering mungkin. Berapa kali Anda harus mem-publish konten tergantung dari jenis bisnis Anda. Tapi pada umumnya sebaiknya Anda menulis di Facebook tiga sampai lima kali sehari, dan di Twitter delapan sampai sepuluh kali sehari.
  • Bagikan konten milik Anda sendiri. Jika Anda belum punya konten yang cukup untuk dibagikan di media sosial, tulislah lebih banyak konten.
  • Bagikan konten dari sumber terpercaya. Ketika Anda memilih konten untuk dibagikan, pastikan membacanya secara keseluruhan. Konten yang Anda bagikan harus menawarkan value pada pembaca, dan harus datang dari sumber yang terpercaya.
  • Bagikan postingan yang bervariasi. Jangan tulis konten yang hampir sama terlalu sering, dan jangan bagikan link yang sama berkali-kali. Jika Anda ingin membagi link yang sama, pastikan ada jeda waktu yang cukup panjang.
    Beberapa pantangan untuk dihindari dalam membagikan konten:

  • Membagikan konten terlalu sering. Meskipun Anda perlu membagikan konten secara sering, Anda harus menghindari spamming, karena follower Anda akan muak dan lalu kabur.
  • Membagikan konten yang irelevan. Jangan pernah membagikan konten hanya untuk mem-publish sesuatu. Pastikan apa pun yang Anda bagikan benar-benar difokuskan untuk audiens target Anda.
  • Membagikan konten milik orang lain terlalu sering. Memang terdapat value dari konten yang dikumpulkan dari berbagai sumber, tapi terlalu sering membagikan konten orang lain hanya akan mempromosikan brand orang tersebut. Temukan keseimbangan dalam membagikan konten Anda dan konten orang lain.
  • Tidak konsisten. Hindari mem-publish dalam volume besar minggu ini, dan kemudian tidak mem-publish sama sekali minggu depan. Inkonsistensi membuat pembaca Anda bingung, dan kesulitan dalam berinteraksi dengan Anda.

Audiens

target audiens agar usaha marketing di media sosial sukses

Audiens Anda adalah fokus utama dalam promosi lewat media sosial. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan dalam berinteraksi dengan audiens:

  • Tentukan siapa target audiens Anda. Jangan pernah mengejar “like” dan follower hanya demi kepentingan angka dan statistik. Pastikan audiens Anda terdiri dari orang-orang yang tertarik untuk membeli barang atau servis yang Anda tawarkan.
  • Ciptakan goal. “Mendapatkan follower lebih banyak” bukanlah goal yang baik. Contoh goal yang baik: “mendapatkan 10 follower baru tiap minggu”, karena  goal ini spesifik dan terukur. Ciptakan goal dan pantau pertumbuhan dan tingkat keikutsertaan audiens Anda.
  • Follow back. Kalau akun media sosial Anda di-follow oleh seseorang, jangan lupa untuk mem-follow balik orang tersebut untuk membangun interaksi yang baik. Juga, follow orang yang berkemungkinan besar untuk mem-follow Anda.
  • Balas komentar yang ditinggalkan orang di konten Anda. Kalau Anda di-tag di suatu postingan, tinggalkan komentar. Kalau seseorang membagikan konten atau tweet Anda, ucapkan terima kasih. Melibatkan audiens akan meningkatkan interaksi dan memperbesar eksposur terhadap brand Anda.
    Beberapa pantangan yang berhubungan dengan audiens Anda:

  • Membeli follower. Follower yang dapat dibeli biasanya punya akun dengan profil palsu, dan tidak memiliki value untuk bisnis Anda. Kalaupun Anda menggunakan angka follower yang besar (namun palsu) untuk menjual slot iklan, pengiklan akan dengan cepat menyadari bahwa berbisnis dengan Anda tidak worth it, dan kemudian kabur.
  • Terlalu berfokus pada penjualan. Tentu saja, tujuan akhir Anda adalah menjual produk atau servis Anda. Tapi audiens Anda mencari hiburan atau sesuatu yang bermanfaat, dan kalau Anda hanya berfokus pada penjualan, mereka akan buru-buru melarikan diri.
  • Membatasi promosi Anda hanya di media sosial. Anda harus mendorong follower Anda untuk mengunjungi situs bisnis Anda, karena di sinilah mereka dapat membeli dan menjadi pelanggan.

Keterlibatan Pengguna

libatkan pengguna supaya marketing di media sosial sukses

Keterlibatan pengguna adalah kunci agar usaha marketing di media sosial sukses. Berikut ini adalah cara untuk mengajak orang berinteraksi dengan Anda:

  • Ajukan pertanyaan. Pertanyaan membuka kesempatan untuk berkomunikasi. Saat interaksi terbangun, orang akan merasa terlibat dengan Anda.
  • Minta pendapat. Orang biasanya suka mengutarakan pendapat mereka. Jika Anda memberikan mereka kesempatan untuk berpendapat, mereka akan lebih berkomitmen dalam berinteraksi.
  • Kalau Anda ingin melibatkan follower Anda, Anda pun harus benar-benar komit. Berikan respon dan komen untuk mendorong follower melakukan hal yang sama.
  • Ucapkan terima kasih. Terima kasih termasuk dalam kata-kata penting dalam layanan pelanggan. Jika orang membagikan konten Anda, jangan lupa berterima kasih.
    Beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan:

  • Meminta promosi. Tidak ada orang yang suka dengan spammer. Kalau Anda meminta orang untuk membagikan konten Anda atau mempromosikan bisnis Anda, follower Anda akan mengabaikan Anda dan kabur.
  • Mengabaikan pesan dan komentar. Orang mengeluarkan usaha dan waktu untuk mengirimkan pesan atau meninggalkan komentar untuk Anda. Jika Anda mengabaikan usaha mereka ini, Anda sama saja berkata bahwa Anda tidak perduli terhadap mereka.
  • Berdebat dengan follower. Bersikaplah profesional setiap waktu. Berkata kasar atau terlibat dalam perkelahian verbal akan menodai image Anda. Biarpun orang marah dan bersikap tidak baik terhadap Anda, tetap tenang dan kontrol ucapan Anda agar reputasi Anda tetap terjaga.

Dengan tips di atas, Anda akan dapat menggunakan media sosial secara maksimal untuk mempromosikan bisnis Anda, dan meningkatkan penjualan. Lakukan hal-hal yang wajib Anda lakukan, dan hindari pantangan-pantangan tertulis di atas, untuk menjamin agar usaha marketing di media sosial sukses!

Diadaptasi dari Business2Community

 

 

Share this