8 Langkah Cerdas Untuk Menarik Pelanggan Baru pada Bisnis Anda

January 23, 2017 - Pelayanan pelanggan

Untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar Anda pasti membutuhkan para pelanggan. Tanpa pelanggan maka bisnis Anda lambat laun akan mengalami kerugian. Dalam menjalankan bisnis ada beberapa aturan yang harus Anda lakukan baik itu dalam bisnis online ataupun offline.

Dengan berkomitmen untuk mengikuti delapan langkah ini, Anda dapat menarik lebih banyak klien atau pelanggan dan menghasilkan pendapatan sesuai dengan keinginan Anda.

1. Tentukan Target Anda Dengan Jelas

Sebelum memulai membangun sebuah bisnis atau memasarkan bisnis Anda. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa target pasar Anda. lakukan studi atau pengamatan dalam berbagai cara untuk menemukan siapa kelompok orang yang akan sangat membutuhkan produk atau layanan dari bisnis Anda ini. Tanpa pemahaman yang jelas siapa target pasar Anda, maka bisnis Anda tidak akan pernah berhasil.

Pada awalnya khusus kan perhatian Anda untuk mendekati audience atau calon pelanggan dalam ruang lingkup yang kecil saja. Ini mungkin saja akan membuat Anda merasa takut bahwa hanya akan memiliki sedikit pelanggan, namun Anda harus percaya bahwa memulai sebuah bisnis dengan memberikan perhatian khusus dalam ruang lingkup yang lebih kecil dulu, akan membuat bisnis Anda memiliki banyak klien jangka panjang.

8 Langkah Cerdas Untuk Menarik Pelanggan Baru pada Bisnis Anda

2. Pahami Keinginan Target Pasar Anda

Setelah Anda menetapkan siapa target pasar Anda, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengenali keinginan, impian atau kebutuhan mereka. Dalam hal ini Anda harus paham betul apa yang sangat mereka inginkan? Apa yang mereka benar-benar impikan? Dan apa yang membuat mereka terjaga sepanjang malam?

Tidak ada gunanya dalam memasarkan produk Anda jika Anda tidak yakin dengan apa yang diinginkan target pasar Anda. Konsep kunci dalam hal ini bisa dikatakan seperti: “orang membeli apa yang mereka inginkan, bukan apa yang Anda pikir mereka butuhkan”. Kenali pasar Anda maka Anda akan menemukan bagaimana membuat penjualan terasa lebih mudah dan menguntungkan.

3. Paketkan Produk Anda sesuai Hasil yang Anda tawarkan

Siapa lagi yang lebih mengenal produk atau jasa bisnis Anda selain Anda dan tim Anda sendiri? Oleh karena itu Anda pasti juga mengetahui dengan jelas hasil akhir dari setiap jenis layanan Anda tersebut. Nah, dengan mengetahui kebutuhan target pasar dan produk-produk Anda maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memaketkan atau mengelompokkan produk atau layanan bisnis Anda tersebut sesuai dengan hasil yang ditawarkan. Dengan demikian juga akan mempermudah pelanggan Anda untuk menjatuhkan pilihan. Dengan cara ini Anda akan selalu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Ketika Anda benar-benar memprioritaskan kebutuhan target pasar Anda, bisa dipastikan bisnis Anda akan dapat berjalan dengan lancar. Anda tidak perlu lagi memikirkan untuk mencari berbagai macam cara untuk membuat penjualan. Karena apa? Karena orang tidak membeli karena mereka memahami sesuatu, mereka membeli karena mereka merasa dimengerti.

8 Langkah Cerdas Untuk Menarik Pelanggan Baru pada Bisnis Anda

4. Buat Penawaran Menarik

Dalam berbisnis Anda harus selalu tahu, Apa sebenarnya yang Anda tawarkan melalui produk Anda? Dan apa yang pelanggan harus lakukan untuk mendapatkan semua itu?. Setiap kali ingin memasarkan produk bisnis Anda, Anda harus bisa menjawab pertanyaan tersebut dalam satu kalimat. Misalkan seperti contoh berikut : “Beri kami waktu 10 menit dan kami akan memberikan mu bentuk badan yang kamu impikan”

Anda harus bisa membuat penawaran Anda menjadi sesuatu yang sangat memikat sehingga para target pasar Anda tanpa sadar akan segera berkata “I want That, Saya ingin mempunyai barang tersebut”. Mulailah bisnis Anda dengan memikirkan satu kalimat penawaran yang sesuai dengan produk Anda, itu akan menjadi dasar dari pengembangan bisnis Anda.

5. Cari dan Temukan Keberadaan Target Pasar Anda

Langkah selanjutnya Anda harus mulai bergerak, mencari tahu, dan berfikir di mana kah biasanya para target pasar Anda berkumpul. Apakah mereka berkumpul di forum diskusi online? publikasi apa yang mereka baca? organisasi mana tempat mereka bergabung?

Jika Anda sudah melakukan riset pasar yang baik di langkah sebelumnya, Anda sudah harus mengetahui jawaban dari semua pertanyaan itu. Sekarang, pergi ke sana dan tonjolkan tawaran menarik Anda kepada mereka. Anda bisa melakukannya lewat iklan, pembicaraan, ikut ber komentar di forum atau cara apa pun yang dapat Anda pikirkan dan lakukan sehingga membuat mereka bisa ter jangkau oleh Anda dan sebaliknya.

8 Langkah Cerdas Untuk Menarik Pelanggan Baru pada Bisnis Anda

6. Berikan Tindak Lanjut yang Tepat

Sekarang, Anda telah melakukan riset Anda, kemudian menciptakan produk yang hebat, mengemas semua produk Anda sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda dan terakhir membuat penawaran di mana target pasar Anda sering berkumpul. Nah. Langkah berikutnya untuk memaksimalkan semua  kerja keras yang telah Anda lakukan, Anda harus menindaklanjuti hal-hal tersebut secara konsisten.

Lalu, apa cara terbaik untuk memastikan bahwa kerja keras dan penawaran Anda tersebut berhasil? Jawabannya adalah dengan cara mengotomatisasi dan sistematisasi sebanyak mungkin tindak lanjut yang bisa Anda berikan. Dalam hal ini aturan yang berlaku adalah: Selalu menindaklanjuti, dan menemukan cara untuk membuatnya otomatis.

7. Closing

Dalam berbisnis ada satu hal penting yang harus Anda lupakan sejenak yaitu ‘rasa malu’. Buanglah rasa malu Anda dalam hal ini.Untuk sebagian target pasar Anda mungkin akan meminta sebuah pertemuan sebelum menjatuhkan pilihan untuk berbisnis dengan Anda atau sebagian yang lain mungkin lebih setuju untuk melakukannya secara otomatis. Jangan tolak semua itu lakukan saja.

Apapun cara yang Anda gunakan dalam ‘close the sale’, Anda harus memberikan prospek Anda informasi yang cukup mengenai produk bisnis Anda dan buatlah mereka percaya bahwa mereka dapat membeli dengan penuh keyakinan. Otomatisasi berbagi informasi sebanyak yang Anda bisa, melalui halaman web, surat penjualan dan brosur, sehingga Anda dapat memperluas pengaruh Anda dalam waktu singkat.

8. Membuat Penawaran Tambahan

Sebagian besar keuntungan Anda akan didapat dari penjualan tambahan yang dilakukan terhadap pelanggan yang puas. Jika di tahap awal Anda sudah membangun hubungan yang baik dengan mereka dan mereka tahu Anda dapat dipercaya. Anda bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menciptakan produk yang dapat Anda tawarkan lagi kepada mereka sebagai indikasi bahwa Anda bisa terus mendengarkan dan memberi solusi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Anda harus sadar betul bahwa klien jangka panjang ini akan memberikan stabilitas terhadap bisnis Anda, dan itu akan membuat Anda tidak perlu mengejar klien baru secara terus-menerus. Belajar membuat penawaran tambahan akan membuat perbedaan dalam keberlansungan bisnis Anda.

Oke, Setelah delapan langkah di atas berhasil menempatkan Anda pada jalan yang tepat untuk menarik klien baru dan mendapatkan lebih banyak pendapatan. Anda harus ingat untuk tetap mengotomatisasi sebanyak mungkin proses yang bisa Anda lakukan, dan jangan lupa untuk menawarkan produk tambahan untuk pelanggan yang puas. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah mendapatkan apa yang bisnis Anda inginkan.

Disadur dari businessknowhow.com

Share this