Jenis-jenis Konten Yang Bisa Menghasilkan Banyak Trafik

December 14, 2016 - Pemasaran digital

Kehadiran ‘Weblog’ atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘website’ atau ‘blog’ kini semakin banyak digemari oleh para pengguna Internet termasuk para pebisnis. Jika dulunya website atau blog lebih bersifat sebagai catatan pengguna namun saat ini telah bertransformasi menjadi media pertukaran informasi. Salah satu manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari website terutama dalam dunia bisnis adalah sebagai mesin pencetak uang dan ajang promosi.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari keberadaan website tersebut tidaklah hanya sebatas membuat sebuah website kemudian ditayangkan, lalu akan otomatis mendatangkan banyak pengunjung atau konsumen. Ada banyak website bisnis yang telah beredar di Internet bagi website yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak akan dengan mudah terdeteksi melalui mesin pencari berbeda dengan sebuah website yang memiliki tingkat trafik yang rendah. oleh karena itu penting bagi sebuah website untuk memiliki trafik yang tinggi.

Nah, ada Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan trafik, salah satunya adalah bermain dengan konten. Berikut beberapa tipe atau jenis konten yang bisa mendatangkan trafik.

1. List Konten

List konten yaitu konten atau artikel yang berbentuk list atau daftar sesuatu. Misalnya  berisi sejumlah daftar saran, cara, alasan dan lain sebagainya. Konten seperti ini juga memiliki banyak topik untuk dituliskan. Mulai dari kehidupan sehari-hari, kesehatan, ekonomi dan lainnya. Selain itu jenis konten ini pun tidak sulit untuk dibuat. Penulis konten hanya perlu membuat beberapa poin penting yang ingin dipaparkan kemudian menerangkan setiap poin dengan kalimat yang singkat dan jelas.

List konten ini bisanya diikuti dengan angka dan tambahan awalan ‘ter’ dalam postingannya. Ntah itu terbaik, terheboh, tercantik, termurah dan lainnya. List Konten merupakan salah satu konten populer karena mereka secara langsung dan jelas menggambarkan apa yang pembaca atau pengguna Internet inginkan. sebagai contoh sebuah konten dengan topik ‘9 tip dan trik terpenting dalam instagram marketing’ dari judul konten saja pembaca telah bisa menerka apa yang akan dibahas oleh konten tersebut, dan dari penyematan angka “9” para pembaca juga sudah dengan jelas mengetahui berapa banyak komitmen yang harus mereka berikan terhadap konten tersebut.

Untuk mulai membuat sebuah list konten, pikirkan untuk mengulas hal-hal “terbaik” lalu kemudian mempertimbangkan menulis pada topik-topik seperti “terburuk”. Sebagai contoh Anda dapat mengangkat topik yang membahas:

  • Tools
  • Lokasi
  • Strategi
  • Tips dan trik
  • Acara
  • Apa pun yang membuat orang lain tertarik untuk membeli produk Anda.

Misalnya, jika Anda memulai sebuah blog perawatan hewan peliharaan, Anda dapat mempertimbangkan posting:

  • 5 Puppies Lucu di Pantai Musim Panas Ini
  • 8 Tempat tidur terbaik untuk Anjing yang Pantas Anda Pertimbangkan
  • 3 Makanan terburuk untuk yang Seharusnya Tidak Diberikan pada Anjing Kesayangan

Postingan untuk list konten tidak harus dibuat panjang. Cukup menulis pengantar singkat, daftar setiap titik, dan memberikan ringkasan singkat dari masing-masing daftar yang Anda buat. Lakukan rekap cepat dalam kesimpulan, dan artikel Anda sudah siap dipublikasikan!

Untuk contoh list konten,silakan membaca artikel berikut: 4 Komponen Kampanye Pemasaran Media Sosial yang Efektif.

Jenis-jenis Konten Yang Bisa Menghasilkan Banyak Trafik

2. Konten Tutorial

Tidak sedikit orang yang menggunakan Internet untuk belajar. Dengan alasan yang sama seperti faktor kemudahan dan kecepatan orang cenderung memilih Internet sebagai alternatif dalam menyelesaikan masalah, termasuk dalam mempelajari sesuatu.

Konten jenis ini biasanya diisi dengan tata cara melakukan suatu hal atau kegiatan. Di sini pemilik konten akan memberikan informasi seputar bagaimana melakukan ini dan itu step by step secara berurutan. Topik yang bisa ditulis dalam konten ini pun beragam. Berikut adalah contoh-contoh postingan konten tutorial:

  • Resep Membuat Sup yang Enak Untuk Makan Malam
  • Cara Mengemas Pakaian yang Benar di Koper Perjalanan Anda
  • Tutorial Membuat Makanan Sehat yang Disukai Anak

Jenis-jenis Konten Yang Bisa Menghasilkan Banyak Trafik

Sama halnya dengan List Konten, konten jenis ini pun bisa memberikan dua manfaat terhadap website bisnis Anda. sebagai contoh misalkan Anda memiliki bisnis furniture. Anda bisa saja menulis konten seperti “Tata cara merawat furniture agar terlihat tetap seperti baru” atau misalkan Anda memiliki bisnis kuliner jangan sungkan untuk menuliskan beberapa tutorial memasak makanan di website bisnis Anda. keberadaan tutorial tersebut tidak akan mengurangi konsumen kafe atau restoran Anda namun akan memberikan kepercayaan lebih terhadap bisnis Anda.

3. Q&A (Tanya Jawab) Konten

Konten yang berisikan tanya jawab dengan expert atau pakar di bidang tertentu merupakan salah satu konten yang sangat digemari dan dapat mendatangkan trafik. karena melalui konten ini para pembaca ingin mencari tahu secara langsung pendapat para pakar dalam mengatasi keadaan yang mereka alami.

Jika Anda masih belum merasa expert dalam bisnis Anda, jangan merasa menyerah untuk memposting konten seperti ini pada website Anda. karena anda bisa menghubungi seseorang yang Anda anggap sebagai expert melebihi diri Anda. Anda bisa berkirim email dengan mereka dan mempertanyakan beberapa hal yang Anda anggap sangat menarik dan dibutuhkan oleh orang-orang yang mengikuti website Anda. Dalam hal ini jangan merasa ragu untuk menghubungi mereka yang sudah menjadi orang ternama. kebanyakan dari mereka akan tetap memberikan tanggapan dengan cepat jika memang benar apa yang Anda pertanyakan penting dan sesuai dengan bidang mereka.

Pertanyaan yang dapat dipertimbangkan ketika mengirimkan email permintaan wawancara Q & A dapat mencakup:

  • Saran kepada anggota masyarakat lainnya.
  • Sikap pada acara baru-baru.
  • kesalahan terbesar.
  • keberhasilan terbesar.
  • Sebuah solusi tentang masa depan “x.”

Jenis-jenis Konten Yang Bisa Menghasilkan Banyak Trafik

Setelah Anda berhasil melakukan tanya jawab dengan para pakar atau bintang tersebut Anda bisa memasukkan percakapan tersebut dalam website Anda dan itu akan mendatangkan trafik pada website Anda, hal ini bisa dikarenakan audience benar-benar ingin mengambil manfaat dari Q&A yang telah Anda lakukan atau hanya sekedar melihat-lihat komunikasi Anda dengan seorang bintang.

4. Konten Historial

Konten jenis ini biasanya menceritakan tentang kisah atau historis seseorang. Seseorang yang menjadi tokoh dalam konten ini biasanya adalah mereka yang berpengaruh atau seseorang yang sukses. Atau historis seseorang yang pernah membuat perubahan baik dalam kehidupan, teknologi dan lain sebagainya tidak jarang pula diisi dengan kisah kepahlawanan atau kisah seseorang dalam mengikuti kegiatan tertentu.

Orang-orang menyukai cerita tentang kesuksesan orang lain. Tiap-tiap pembaca atau pendengar kisah sukses ini pun memiliki tujuan masing-masing. Ada yang membaca untuk sekadar hiburan, ada yang menjadikannya sumber motivasi dan pembelajaran atau bahkan ingin mengikuti cara tokoh dalam konten tersebut dalam meraih kesuksesan.

5. Rilis Produk Konten

Sebuah konten dalam website bisnis hanya bertindak sebagai pendukung dalam perkembangan bisnis Anda, dan bagaimana bisnis Anda bisa dikenal oleh orang-orang banyak. Tentu saja keberadaan konten rilis produk merupakan salah satu konten yang harus Anda miliki dalam website Anda.

Meskipun mungkin banyak personal website lain yang akan menuliskan produk bisnis Anda tapi pilihan utama konsumen adalah mencari tahu produk tersebut langsung dari website bisnis Anda. hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa website pemilik bisnis akan memberikan informasi yang lebih akurat dibandingkan dengan website lainnya. Toh siapa lagi yang lebih mengetahui produk Anda lebih baik dari pada Anda sendiri?

Konten Yang Menghasilkan Banyak Trafik

6. Berita Industry

Menulis konten seputar berita Industry juga merupakan salah satu cara yang cemerlang untuk mengarahkan pembaca pada website Anda. Tentu saja berita yang ingin Anda tuliskan dalam konten ini merupakan berita terbaru, terhangat atau berita update. Menuliskan sesuatu yang bersifat baru dan hangat merupakan salah satu cara termudah untuk menarik trafik dan mendapatkan perhatian dari audience baru.

Beberapa contoh topik yang bisa Anda gunakan dalam konten ini seperti:

  • event-event yang baru atau akan dilakukan
  • konferensi
  • perubahan peraturan dalam dunia industry
  • pembaharuan produk dari salah satu produsen terkemuka.

Itulah jenis-jenis konten yang bisa mendatangkan banyak trafik, namun meskipun demikian satu hal utama yang harus diperhatikan dalam pengelolaan website adalah kesungguh-sungguhan. Sungguh-sungguh di sini maksudnya adalah rajin meng-update artikel sesuai bisnis. Jangan hanya melakukan update sekali sebulan saja. Selain itu konten atau artikel yang di tulis sendiri akan lebih baik daripada menggunakan konten yang copy-paste.

Share this