Cara Mencari Hashtag Terbaik dan Meningkatkan Pengaruh Media Sosial Anda

February 17, 2016 - Pemasaran digital

Sebelum kita mulai berbicara tentang cara mencari hashtag atau tagar terbaik, marilah kita lihat terlebih dahulu pengertian hashtag bagi mereka yang belum memahami hashtag.

hashtag

Hashtag adalah cara untuk melabeli dan mencari update media sosial. Hashtag bisa digunakan untuk sesuatu yang sedang tren, misalnya #FebruariCeria, atau kampanye tertentu seperti #StopNarkoba.

Hashtag dimulai dari Twitter, tetapi sekarang sudah digunakan di hampir semua media sosial. Jadi, manakah hashtag yang relevan dan sesuai dengan niche Anda, dan manakah yang harus Anda gunakan?

Saat ini, ada banyak penggunaan hashtag dan di mana pun. Sering kali, orang-orang menggunakan hashtag yang berlebihan karena tidak mengetahui mana hashtag yang baik dan hanya menuliskan semua hashtag yang terpikirkan. Sekarang, kita akan fokus pada tag. Ada beberapa sarana online yang dapat Anda gunakan untuk mencari hashtag terbaik.

Twitter masih merupakan salah satu sarana terbaik untk mencari hashtag yang bagus, tetapi jangan meremehkan manfaat dari sarana yang lain. Berikut ini adalah tiga sarana terbaik yang bisa dimanfaatkan – dan gratis!

1. WhatTheTrend

whatthetrend

WhatTheTrend adalah sumber yang tepercaya untuk statistik dan informasi Twitter. Sarana ini merupakan bagian dari Hootsuite. Artinya, Anda dapat melacak hashtag ini dalam Hootsuite. Sarana ini memungkinkan Anda untuk melihat tren secara global, nasional, dan bahkan tren tertentu yang terbatas hanya pada kota Anda. Anda dapat melacaknya berdasarkan hari atau bulan. Layanan dasarnya gratis, tetapi jika Anda menginginkan lebih banyak pilihan, Anda dapat melakukan upgrade ke layanan berbayar.

2. Hashtags.org

Layanan yang perlu dicoba ini memulai layanan di tahun 2007, dan fungsi pelacakan dasarnya masih gratis, yaitu Anda dapat melihat hashtag yang sedang tren selama 24 jam terakhir. Akan tetapi, jika Anda ingin menyimpan hashtag dan memantaunya untuk periode waktu yang lebih lama, Anda harus melakukan upgrade ke layanan berbayarnya.

3. Trendsmap

Untitled

Sejujurnya, Trendsmap bukanlah sarana terbaik secara visual saat Anda ingin mencari hashtag terbaik. Akan tetapi, Trendsmap memungkinkan Anda untuk melihat hashtag berdasarkan kota, negara, atau benua yang ada di peta dunia. Jika fokus utama adalah orang-orang lokal, maka sarana ini sangatlah berguna bagi Anda.

Menggunakan hashtag secara efektif

Tidak cukup hanya mengetahui cara menggunakan hashtag. Anda harus memastikan bahwa hashtag Anda relevan dan sesuai dengan subjek Anda. Merupakan hal yang bagus untuk mendasarkan hashtag Anda pada kata kunci yang populer. Google Keyword Planner adalah sarana bagus yang bisa Anda gunakan. Selain itu, berhati-hatilah dengan cara Anda menyusun hashtag Anda.

Setelah Anda membuat hashtag Anda, bacalah kembali hashtag itu berulang kali, kemudian katakan keras-keras. Mengapa? Karena hashtag yang buruk bisa membuat Anda malu dan merasa bodoh. Yah, hal itu sudah terjadi kepada penyanyi Susan Boyle yang luar biasa dan perusahaan besar seperti Research in Motion (RIM).

Memahami kompetisi

Sering-seringlah membuka Twazzup untuk melihat cara orang-orang menggunakan hashtag. Anda masuk dengan Twitter kemudian memasukkan hashtag atau kata kunci. Anda akan mendapatkan hasil terbaru di layar Anda sekaligus mengetahui cara orang-orang menggunakan hashtag.

149034496

Ini memungkinkan Anda untuk melihat kompetisi seperti apa yang ada di pasar sehingga Anda mengetahui tweet hashtag yang baik. Twazzup juga akan memberi tahu Anda jumlah penggunaan hashtag tertentu dalam waktu satu jam. Jika Anda menggunakan hashtag yang digunakan sebanyak 3.000 kali per jam, Anda mengetahui dua hal:

  • Hashtag itu populer, dan
  • Artikel atau publikasi Anda akan meroket ke publikasi terbaru dengan sangat cepat.

Akan tetapi, berhati-hatilah karena kedua fakta ini sebenarnya saling bertentangan. Anda mungkin ingin menggunakan hashtag yang bermanfaat, tetapi jika hashtag itu terlalu populer, tweet Anda mungkin akan terkubur dan tertutup tweet lainnya.

Untuk menentukan hal-hal yang perlu dilakukan dalam situasi-situasi seperti ini, Anda harus melakukan uji coba. Anda juga bisa membuat hashtag yang panjang sekaligus hashtag yang lebih populer, misalnya #tokoonline dan #tokoonlineorlando.

Kata terakhir saya: #semogaberuntung!

 

 Diadaptasi dari Business2Community

Share this