Apa Itu Layanan Pelanggan yang Baik?

October 12, 2016 - Pelayanan pelanggan

Jika Anda bekerja sebagai pegawai Layanan Pelanggan, Anda adalah perwakilan dari keseluruhan bisnis dan merek dagang perusahaan Anda. Agar dapat memberikan layanan yang sempurna untuk semua pelanggan Anda, setiap pegawai Layanan Pelanggan pertama sekali harus memahami dan menguasai keahlian yang dibutuhkan untuk memberikan layanan yang baik terhadap pelanggan.

Dalam bisnis, menawarkan produk yang bagus saja tidaklah cukup untuk mencapai sukses. Faktor yang menentukan terletak pada seberapa bagus layanan yang kita berikan kepada pelanggan.

Jadi, Apa Itu Layanan Pelanggan?

Layanan pelanggan adalah keseluruhan dukungan dan servis yang disediakan oleh sebuah bisnis kepada pelanggan-pelanggannya, mulai dari sebelum, sewaktu, dan sesudah proses pembelian berlangsung. Ini berarti bahwa layanan pelanggan adalah semua aktivitas yang kita lakukan untuk menjamin bahwa apa pun yang pelanggan butuhkan terpenuhi.

Apa Itu Layanan Pelanggan Yang Baik?

Memberikan definisi yang tepat atau menentukan standar terpadu untuk sebuah Layanan Pelanggan yang baik adalah hal yang sulit. Ini dikarenakan adanya beberapa perbedaan yang mencolok pada setiap bidang bisnis.

Satu hal yang perlu kita mengerti adalah, sebuah layanan pelanggan yang baik adalah keahlian dan sumber daya yang kita optimalkan, dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Ada dua faktor utama yang memegang peranan penting:

Kecepatan: Inilah faktor yang selalu dibutuhkan untuk menjamin layanan pelanggan yang terbaik. Mulai dari proses pengiriman produk, hingga proses tanggapan atau pemecahan masalah, pelanggan selalu menginginkan komitmen atas ketepatan waktu Anda.

Profesionalisme: Setiap elemen dalam layanan pelanggan, mulai dari cara berkomunikasi sampai cara Anda mengatasi masalah harus selalu profesional, karena ini menunjukkan rasa hormat kepada pelanggan dan perhatian penuh atas kebutuhan mereka. Profesionalisme juga dapat ditunjukkan melalui pemahaman yang dalam tentang produk kita, dan penguasaan atas setiap situasi.

Agar dapat menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa, setiap anggota perusahaan harus mengerti betapa pentingnya meletakkan pelanggan, dan kepuasan pelanggan pada prioritas nomor satu. Inilah dasar dari setiap tindakan penting yang diambil oleh perusahaan tersebut.
Hal ini terutama sangat penting bagi pegawai yang berinteraksi dengan pelanggan setiap hari, misalnya CSO seperti Anda.

Beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui:

Apa peran Anda?

Anda adalah perwakilan dari seluruh perusahaan. Peran Anda adalah menjembatani seluruh departemen, mulai dari penjualan, marketing, pengembangan produk, dengan semua pelanggan perusahaan Anda. Tugas Anda adalah menyediakan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan, dan menyenangkan hati mereka.

Siapa pelanggan Anda?

Pelanggan adalah aset terpenting dalam sebuah bisnis. Dan ini tidak hanya mencakup pelanggan yang membeli produk atau servis yang Anda tawarkan. Perlu diingat bahwa pelanggan adalah rekan-rekan Anda. Semakin Anda memberikan nilai lebih kepada mereka, dan semakin Anda membangun kepercayaan mereka, semakin jauh pelanggan akan menemani Anda di dalam bisnis.

Faktor-faktor yang menjadikan Layanan Pelanggan Anda hebat

Faktor-faktor yang menjadikan Layanan Pelanggan Anda hebat

Faktor-faktor yang menjadikan Layanan Pelanggan Anda hebat

Ketika Anda mengerti apa itu layanan pelanggan yang baik, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengembangkan keahlian Anda dalam bidang ini. Satu hal yang pasti, setiap keahlian bisa dilatih untuk menjadi semakin profesional. Tetapi memiliki pola pikir yang benar adalah inti dan elemen mendasar untuk menjadi pegawai layanan pelanggan yang hebat.

Share this