Alasan Mengapa Facebook Layak dijadikan Media Untuk Berjualan

February 27, 2016 - Pemasaran digital

Seiring dengan perkembangan dunia digital, maka peluang bisnis online juga semakin besar dan mengalami banyak perkembangan ke arah positif. Bisnis online bukan lagi hanya milik mereka yang bergerak di dalam bisnis berskala besar saja, namun kini bisnis online juga telah bisa menyasar kalangan pelaku bisnis berskala kecil dan mereka yang menjual barang dagangannya secara retail.

Hal ini menjadi mungkin karena maraknya berbagai macam sosial media yang mudah di-akses dan memberikan banyak kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan fasilitas yang terdapat di dalam sosial media itu sendiri. Salah satu sosial media yang banyak digunakan dalam pemasaran online adalah facebook, hal ini dikarenakan media ini begitu populer dan mudah untuk diakses oleh banyak orang.

Peluang dalam mengembangkan bisnis online melalui facebook masih sangat menjanjikan dan layak dijadikan sebagai pilihan utama bagi anda yang bergerak di bidang marketing online. Simak beberapa poin di bawah ini yang menjadi alasan mengapa facebook layak dijadikan sebagai media untuk mengambangkan bisnis yang anda jalankan:

1. Media yang populer dan banyak digunakan

Anda tentu saja tidak ingin melakukan pemasaran bisnis anda melalui sebuah media yang tidak dikenal orang bukan? Saat ini facebook adalah salah satu media paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh bumi. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi anda yang ingin melakukan pemasaran melalui media facebook. Ada banyak orang di luar sana yang dengan mudah akan mengakses fanspage anda dan berpotensi untuk menjadi seorang pembeli produk yang sedang anda pasarkan.

facebook-marketing

2. Murah, Mudah diakses dan dikustomisasi

Saat berbicara mengenai bisnis, maka besaran biaya dan pendapatan adalah dua hal yang selalu menjadi perhatian khusus bagi semua pelaku bisnis itu sendiri. Di dalam melakukan pemasaran secara online, anda tentu saja tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak dan mahal, karena itu anda bisa memanfaatkan facebook untuk melakukan pemasaran bagi bisnis anda. Cukup gunakan fitur fanspage dalam melakukan pemasaran bisnis anda, ini akan lebih praktis dan hemat untuk anda.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling mudah diakses oleh masyarakat luas, hal ini bisa dilihat dari tingginya jumlah pengguna facebook dari tahun ke tahunnya. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memaksimalkan pemasaran bagi bisnis yang sedang anda jalankan.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Efektif yang Dapat Diterapkan pada Bisnis Online

Saat menggunakan facebook, anda akan diberikan kemudahan dalam melakukan berbagai macam kostumisasi pada akun anda, di mana hal ini tidak mungkin anda lakukan dalam sebuah website yang cenderung rumit dan membutuhkan berbagai macam pengaturan dalam settingnya. Dengan mudah anda akan bisa membuat fanspage sebagai tempat pemasaran bisnis anda dan anda juga bisa melakukan berbagai setting untuk mempercantik halaman tersebut dan membuatnya semakin menarik.

3. Terhubung dengan konsumen 24 Jam

Dengan tingginya jumlah pengguna facebook, maka anda tidak akan kesulitan untuk mencari konsumen yang sesuai bagi produk yang anda pasarkan di dalam facebook. Pasar yang luas ini tentu saja menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang ingin sukses dalam bisnis online yang semakin hari semakin menjanjikan.

Berbisnis melalui facebook juga memungkinkan anda untuk berjualan selama 24 jam penuh dalam sehari, selama 7 hari dalam seminggu. Hal ini akan meningkatkan angka penjualan anda dan mendatangkan keuntungan yang maksimal dalam bisnis yang anda jalankan.

connected-people-online

4. Mudah berinteraksi dengan calon pembeli

Facebook juga memberikan layanan interaksi yang mudah bagi anda dan calon pembeli produk anda. Selain melalui kotak komentar, anda juga bisa melakukan percakapan melalui inbox untuk menjaga kerahasiaan dan privasi para pelanggan.

Dengan layanan kemudahan dalam kolom komentar, maka para calon pembeli maupun pelanggan anda bisa dengan mudah saling berbagi informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan. Hal ini akan menjadi sebuah nilai lebih bagi bisnis anda karena adanya interaksi tersebut bisa saja mempermudah akses informasi dan beragam testimoni mengenai produk yang anda jual.

5. Beragam tools yang mudah digunakan

Bila anda jeli melihat fitur yang terdapat di dalam facebook, maka anda pasti bisa menemukan beberapa tools pendukung yang telah tersedia dan dikhususkan untuk meningkatkan angka penjualan produk anda. Pada dasarnya beragam tools tersebut telah disediakan sebagai alat yang bisa anda gunakan untuk membantu kegiatan promosi yang anda lakukan, beberapa di antaranya seperti: tools untuk mengumpulkan polling, untuk share gambar, setting update status otomatis.

Baca Juga: Faktor-faktor Penting Untuk Memaksimalkan Email Marketing

Selain itu, dengan menggunakan fasilitas fanspage, maka anda dimungkinkan untuk melakukan setting iklan dengan mudah. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan dan menjangkau sejumlah fans yang lebih banyak dari sebelumnya. Lewat fitur ini anda juga bisa mempromosikan status yang berisi penawaran khusus maupun diskon untuk meningkatkan penjualan pada produk Anda.

facebook-tools

Setelah mengetahui keuntungan yang anda dapatkan saat melakukan pemasaran melalui jaringan facebook, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat dan menerapkannya di dalam bisnis anda. Simak beberapa poin yang patut anda cermati dalam membuat facebook untuk bisnis online anda:

A. Buat akun facebook khusus

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah akun facebook khusus bagi bisnis online yang anda jalankan. Gunakan kemampuan anda untuk melakukan setting dan mempercantik tampilan akun tersebut agar menarik dan membuat para pengunjung betah.

B. Dapatkan like yang banyak bangun interaksi

Mulailah sebuah promosi dengan cara mendapatkan like yang banyak dari fans anda di facebook, hal ini bisa dilakukan dengan cara membangun interaksi dan percakapan yang menarik di sana. Dengan adanya sebuah interaksi, maka peluang promosi dan penawaran yang anda lakukan untuk dilihat oleh fans anda juga semakin besar.

C. Promosikan dengan maksimal

Lakukan promosi dengan maksimal, di mana anda dituntut untuk memaksimalkan iklan dan berbagai penawaran menarik yang akan mendatangkan pembeli dengan mudah. Anda juga bisa menjadikan halaman testimoni sebagai salah satu jaminan bagi para calon pembeli yang baru, di mana ,mereka akan lebih percaya pada penawaran yang anda lakukan.

Pahami dan jalankan dengan mudah

Bisnis online melalui facebook bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan, anda bisa belajar dengan mudah secara otodidak atau melalui Internet untuk menjalankannya. Mulailah dengan cara memahami setiap fitur yang terdapat di sana dan dapatkan angka penjualan maksimal dari produk yang anda tawarkan. Sudah siap menjalankan bisnis anda sendiri melalui facebook mulai sekarang? Jangan ragu mengklik tombol bagikan jika artikel ini bermanfaat bagi anda.

Share this