9 Cara untuk Mempromosikan Konten dan Merek Anda di Media Sosial

January 8, 2016 - Pemasaran digital

Pemasaran konten atau content marketing telah menjadi “hutan rimba”. Ada sangat banyak konten di internet sehingga membuat dan mempromosikan konten itu sangat menghabiskan waktu. Malahan, banyak bisnis telah mengabaikan program pemasaran konten inbound mereka dan kembali menggunakan program outbound. Para pebisnis ini telah memutuskan untuk membayar iklan yang hanya mempromosikan produk dan layanan mereka. Ini adalah kesalahan besar karena beberapa alasan. Akan tetapi, alasan terpentingnya adalah karena pelanggan saat ini tidak menanggapi “penjualan biasa” dengan baik. Para pelanggan “baru” mencari informasi, merek, dan tingkat kepercayaan yang mendorong mereka untuk membeli produk. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan adalah faktor yang lebih penting daripada harga.

Di Mana Tempat Pelanggan Mendapatkan Informasi?

Jawabannya sangat singkat – media sosial. Sebenarnya, media sosial adalah sumber informasi tidak langsung. Konten yang bagus dan penting hanya ada di situs web, sering kali di blog. Jadi, jika Anda memiliki konten yang bagus di blog Anda atau menawarkan hal-hal yang bagus di situs lain Anda, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mendorong orang-orang untuk mengunjungi blog atau halaman lain di situs web Anda.

social-media-cube-1024x922

Kuncinya adalah dengan melakukannya seefektif dan semudah mungkin. Inilah 9 cara untuk membuat promosi media sosial Anda menjadi promosi yang terbaik.

1. Gunakan Visual

Jika Anda benar-benar ingin mempromosikan konten Anda, gunakan visual di akun media sosial Anda. Visual menarik lebih banyak pembaca dan lebih banyak dibagikan. Data terbaru menunjukkan bahwa foto-foto di Facebook 53% lebih banyak disukai dan dibagikan daripada post yang hanya berisi teks. Platform media sosial yang baru – Pinterest, Snapchat, dan Instagram – lebih mengarah ke visual. Jika Anda memiliki foto, infografik, atau video yang keren, promosikan dengan memasangnya di akun media sosial Anda dengan “teaser” ke situs web atau blog Anda.

2. Judul itu Penting

Jika judul artikel Anda tidak terlalu menarik, Anda bisa membiarkannya tetapi tidak bisa menggunakannya di akun media sosial. Anda harus mencari judul yang baru dan lebih menarik untuk promosi. Kebanyakan penulis menghabiskan banyak waktu untuk membuat judul. Jika Anda bukan tipe orang kreatif, gunakan salah satu sarana pembuat judul – Buzzsumo adalah salah satunya.

3. Mulailah dari Sedikit dan Pilihlah yang Baik

LinkedIn bisa menjadi akun media sosial pertama Anda. Anda tidak bisa memilih platform yang tepat kecuali Anda mengetahui target Anda. Anda harus mengetahui rincian pengunjung – kelompok usia, status ekonomi-sosial, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis karier, dan informasi-informasi lainnya. Facebook bisa digunakan untuk semua pengunjung. Lalu, tentukan 1-2 media lainnya. Ada penelitian-penelitian tentang media yang digunakan oleh kelompok orang tertentu. Anda bisa menggunakan hasil penelitian ini untuk menentukan platform promosi untuk konten Anda. Seiring waktu, Anda dapat menggunakan situs-situs seperti YouTube, SlideShare, dan sejenisnya.

4. Ubahlah Pesan Promosi Anda sesuai Platform yang Digunakan

Jika Anda berpromosi di Facebook, Anda memerlukan judul, gambar/foto, dan visual lainnya yang menarik, diskon atau produk gratis, dan tautan ke web atau blog. Jika Anda menggunakan Twitter, pintar-pintarlah menentukan hashtag (tagar). Jika Anda berpromosi di Instagram, ceritakan kisah dengan gambar. “Aturan menarik pelanggan” berbeda-beda untuk setiap platform.

5. Publikasikan Promosi Anda di Waktu yang Tepat

Diperlukan banyak penelitian tentang waktu online target pengunjung Anda di berbagai platform media sosial. Anda harus “menangkap” mereka saat mereka ada untuk “ditangkap”. Bacalah penelitian tentang waktu online target pengunjung dan rencanakan jadwal publikasi Anda. Anda dapat menggunakan sarana seperti FollowerWonk atau Facebook Insights.

500x328xtime.png.pagespeed.ic.zRomicYi1H

6. Lakukan Beberapa Publikasi

Ini adalah strategi lain untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

  • Ubahlah judul dan/atau gambar dan publikasikan ulang di platform yang sama
  • Publikasikan promosi yang sama di platform yang sama di waktu atau hari yang berbeda

Banyak ahli menyarankan Anda untuk mempublikasikan konten yang sama di Facebook setelah seminggu selama sebulan; di Twitter dan Instagram beberapa kali di hari yang sama.

7. Publikasikan Post secara Otomatis

Daripada mengatur pengingat untuk mempublikasikan ulang promosi Anda, gunakan bantuan untuk mempublikasikan secara otomatis. Buffer adalah salah satu sarana yang baik karena Anda dapat mengubah jadwal dan platform dengan mudah saat Anda siap untuk mempublikasikannya.

8. Bersosialisasi

Anda perlu bersosialisasi di media sosial. Salah satu cara terbaik adalah dengan bertanya. Semakin banyak komentar dan umpan balik dari pembaca, semakin mereka akan mengingat Anda dan merek produk Anda, sehingga menciptakan hubungan penjual-pembeli yang penting.

9. Mintalah Orang-Orang yang Anda Kenal untuk Membagikan Post Anda

Teman-teman dan keluarga bisa membantu membagikan artikel. Bergabunglah dengan grup yang berkaitan dengan niche Anda agar antaranggota dapat saling membagikan post. Semakin banyak berbagi, semakin banyak komunitas yang Anda jangkau, sehingga semakin tinggi peningkatan traffic Anda.

Diadaptasi dari Business2Community

Share this