7 Tips Agar Layanan Live Chat Lebih Berguna

Layanan live chat tentunya sangat bisa meningkatkan potensi bisnis Anda, namun dengan catatan jika itu dieksekusi dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk memastikan bahwa Anda telah menggunakan potensi dari perangkat lunak (software) layanan live chat dengan maksimal:

1. Latihlah tim layanan Live Chat Anda! Representatif layanan live chat Anda harus memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang navigasi dan isi website. Berikan selembaran rangkuman (cheat sheets) dan FAQs (daftar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan) untuk meningkatkan performa mereka, sekaligus juga membuatnya lebih mudah untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Latih tim layanan live chat Anda

Latih tim layanan live chat Anda

2. Sadar akan waktu belanja. Jika Anda memiliki satu toko online yang menjual peralatan sepakbola di California, maka ada peluang bahwa sebagian besar dari pelanggan Anda berasal dari berbagai negara. Gunakan analytics untuk mengetahui waktu di mana sebagian besar pengunjung mengakses website Jangan berasumsi sistem ‘kerja dari jam 9 sampai jam 5’ dapat berjalan. Jika Anda memiliki masalah menemukan tenaga kerja yang cocok untuk menutupi jam kerja yang kosong, maka Anda dapat mempertimbangkan jasa outsourcing seperti Upwork atau situs lainnya.

Waktu layanan live chat  berbeda dengan jam operasional bisnis

Waktu layanan live chat berbeda dengan jam operasional bisnis

3. Jangan seperti robot. Poin terpenting dari memiliki layanan live chat adalah menyediakan layanan dan bantuan yang terasa hangat dari manusia (bukan robot) terhadap pengalaman berbelanja pelanggan. Menggunakan sapaan ataupun respon dari robot dapat menghilangkan keefektifan dari layanan live chat.

Jangan seperti robot

Jangan seperti robot

4. Pertimbangkan untuk memperkerjakan orang dengan pengalaman sales. Untuk kegunaan yang paling efektif dari layanan live chat, pertimbangan untuk memperkerjakan orang inside sales, bukan hanya sekadar customer sales representative. Orang dengan pengalaman di bidang penjualan lebih bisa menuntun pelanggan menuju ke arah penjualan, dan bahkan meningkatkan kemungkinan untuk penjualan yang lebih besar (upselling).

Telesales patut dipertimbangkan

Telesales patut dipertimbangkan

5. Jangan lupa mendorong media sosial Anda. Ketika representatif layanan live chat menerima feedback positif dari pengunjung dan pelanggan, pertimbangkan untuk menginstruksikan representatif Anda (atau bagian penjualan) untuk mengingatkan dengan sopan pada pengunjung untuk men-like halaman Facebook Anda dan meninggalkan komentar di sana. Tentunya berlaku untuk media sosial lainnya juga.

Dorong pelanggan mengenal media sosial Anda

Dorong pelanggan mengenal media sosial Anda

6. Bersiaplah untuk kenaikan tiba-tiba volume chat. Pelanggan perlu mengerti bahwa mereka ada dalam antrian dan pihak representatif akan segera merespon mereka secepatnya, atau jika mungkin segera.

Volume chat dapat meningkat tiba-tiba

Volume chat dapat meningkat tiba-tiba

7. Berikan pelanggan Anda fitur chat yang membantu. Pelanggan juga perlu diberi pilihan untuk bisa memodifikasi ukuran huruf dan meminta transkrip dari chat.

Siapkan fitur chat yang membantu

Siapkan fitur chat yang membantu

Selain menemukan software yang tepat, bisnis yang menggunakan layanan live chat akan harus menyediakan pelatihan khusus bagi karyawan mereka. Layanan live chat sangatlah berbeda dengan panggilan telepon, karena semua balasan harus dalam kalimat yang pendek dan pesannya tidak bertele-tele (right to the point). Paragraf yang panjang tidak akan bermanfaat di live chat. Ada semacam seni yang harus dimiliki untuk mengetahui kapan waktunya memberikan pertanyaan, dan kapan saatnya menawarkan solusi atau produk tambahan.

Subiz sebagai Solusi Live Chat Anda

Kini saatnya mempertimbangkan pilihan solusi praktikal bagi bisnis Anda. Berdisukusi tentang pilihan terbaik, ada beberapa alasan yang membuat Subiz layak diprioritaskan sebagai solusi live chat pilihan Anda. Untuk mempermudahnya, mari kita diskusikan dalam bentuk poin-poin:

1. Chat secara langsung (real time). Banyak fitur yang dimiliki poin ini. Mulai dari analytics terhadap pertanyaan yang popular untuk mempercepat waktu respon, hingga kemampuan berkirim dokumen yang membuat pengunjung merasa mudah tanpa harus merasa diperumit dengan administrasi seperti mendaftarkan email. Pada intinya, pengunjung akan merasa nyaman dengan percakapan yang berlangsung!

Real time chatting

Real time chatting

2. Kustomisasi chat widget. Ini akan sangat membantu aktivitas branding yang dilakukan perusahaan Anda. Termasuk juga dengan menampilkan logo bisnis Anda di kotak chat yang akan menambah kedekatan dan rasa nyaman antara pengunjung dengan brand

Anda bisa meng-custom agar sesuai dengan branding

Anda bisa meng-custom agar sesuai dengan branding

3. Interaksi dengan pelanggan secara personal. Ciptakan kesan personal bahwa Anda selalu ada untuk pelanggan. Subiz dengan mudah mengubah sapaan yang tidak terkesan robotik. Juga segera meneruskan percakapan baru pada agen yang sedang aktif sehingga pelanggan akan mendapatkan respon yang cepat. Ketika tidak ada agen yang aktif, maka fungsi email yang akan mengambil alih sehingga pengunjung tetap bisa menyampaikan maksudnya untuk selanjutnya direspon dengan segera oleh agen.

Ciptakan interaksi yang personal

Ciptakan interaksi yang personal

4. Visitor tracking. Dengan fitur cerdas ini, Anda akan mengetahui perilaku dan pola dari pelanggan Anda. Siapa mereka, latar belakangnya, apa yang mereka lakukan, dan preferensi mereka. Tujuannya jelas, lebih memahami profil pelanggan secara lebih personal dan memberikan solusi yang relevan bagi mereka.

Kenali pengunjung lebih baik

Kenali pengunjung lebih baik

5. Aplikasi di mana saja. Ya, betul. Anda bisa melakukan chat dari mana saja. Tidak melulu harus duduk di depan komputer, tetapi juga bisa dengan perangkat mobile Kami tahu bahwa Anda harus fleksibel, terlebih untuk urusan interaksi dengan pelanggan potensial.

Akses di mana saja

Akses di mana saja

6. Manajemen tim. Subiz memungkinkan Anda untuk mengaplikasikan konsep grouping untuk menciptakan departemen, sehingga pengunjung bisa segera diarahkan pada departemen serta agen yang paling relevan dengan keperluan mereka. Untuk hal internal, proses evaluasi pun dipermudah dengan adanya laporan performa para agen.

Pengelolaan tim yang mudah

Pengelolaan tim yang mudah

7. Integrasi. Ini mungkin hal agak teknis, tetapi pada prakteknya sangat penting untuk dipertimbangkan. Bayangkan jika fitur-fitur yang sangat membantu itu ternyata tidak bisa dijalankan karena isu integrasi dengan aplikasi ataupun platform yang Anda gunakan. Subiz meminimalisir hal tersebut dengan tingkat kompatibilitas yang tinggi. Platform populer seperti WordPress, Shopify, Joomla, dapat terintegrasi dengan mulus. Juga integrasi dengan modul tambahan seperti Google Analytics dapat diterapkan dengan mudah.

Integrasi mulus dengan platform populer

Integrasi mulus dengan platform populer

8. Analytics dan laporan. Jangan khawatir tentang proses evaluasi. Subiz dapat membantu dengan menyajikan hasil analisa dan laporan berdasarkan data-data yang diperoleh dari layanan live chat dengan pengunjung. Hal-hal seperti tingkat kepuasan pengunjung atau performa para agen, akan bisa membantu Anda untuk meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi ke depannya dan menjadi yang terbaik dalam berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Evaluasi yang mudah

Evaluasi yang mudah

Pilihan Anda untuk Mencoba Layanan Live Chat

Membaca buku tentang traveling tentunya menarik, tetapi lebih menarik untuk traveling langsung. Begitu juga dengan membaca artikel ini. Fitur-fitur yang dijelaskan di atas memang terdengar begitu menarik, tetapi tentunya jauh lebih baik untuk mengalaminya sendiri.

Anda bisa mencoba sendiri berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Subiz dengan. Dan tentunya kabar terbaiknya adalah: gratis selama 30 hari!

Mari rasakan bagaimana solusi layanan live chat bisa sangat berguna bagi bisnis Anda.

Coba Subiz gratis sekarang juga

Diadaptasi dari kissmetrics.com

Share this