7 Strategi Marketing Melalui Instagram yang Paling Jitu

February 14, 2016 - Pemasaran digital

Bisnis online dan sosial media, kedua hal ini layaknya sepasang sepatu yang sulit untuk berjauhan antara satu dengan yang lainnya. Bagaimana tidak, hampir semua sosial media berfungsi menjadi sebuah media pemasaran di dalam perkembangan bisnis online yang semakin marak belakangan ini. Bukan sebuah hal yang baru, sebab ini telah menjadi sebuah tren selama beberapa tahun ke belakang. Namun banyaknya perkembangan dan fitur yang membanjiri sosial media, seolah menjadi sebuah jalan yang selalu baru bagi sistem pemasaran bisnis secara online itu sendiri.

Instagram merupakan salah satu lini sosial media yang paling populer dalam hal ini, instagram dapat memaksimalkan pemasaran bisnis online anda dengan cepat. Mudahnya sistem penggunaannya serta berbagai dukungan layanan yang mumpuni di dalamnya telah membuat instagram menjadi demikian populer di kalangan pengguna sosial media dan hal ini tentu saja berbanding lurus dengan keampuhan instagram sebagai media promosi yang tepat bagi bisnis online.

Strategi Marketing Melalui Instagram

Jika anda salah satu pebisnis modern yang banyak memanfaatkan sosial media sebagai lahan promosi, maka tak ada salahnya instagram bisa anda jadikan pilihan. Simak 7 strategi marketing paling jitu yang bisa anda lakukan lewat instagram:

1. Pilih nama akun yang unik

Brand / nama adalah salah satu daya jual paling utama yang akan mendatangkan pelanggan bagi anda, karena itu pastikan anda menggunakan brand yang unik dan menarik bagi calon pembeli di bisnis online yang anda jalankan. Unik bukan berarti “aneh”, tapi pilihlah nama yang tidak biasa namun mudah untuk mengingatnya

Di dalam pemilihan nama yang tepat, pastikan anda memikirkannya dengan baik dan penuh pertimbangan, mengingat nama adalah salah satu hal yang penting dalam menentukan kepopuleran bisnis yang anda jalankan. Pertimbangkan beberapa poin ini saat akan memilih nama:

  • Nama harus mewakili produk yang anda pasarkan.
  • Hindari menggunakan nama yang sulit untuk diingat, namun meski mudah untuk diingat, nama tetap harus unik dan belum pernah digunakan di dalam bisnis online.
  • Gunakan nama yang pendek, terdiri dari satu atau maksimal dua kata saja. Pada dasarnya nama-nama yang populer sebagai situs belanja online adalah nama yang terdiri dari satu kata saja, jadi hindari penggunaan nama dalam beberapa kata.

2. Follow dengan bijak

Tidak ada salahnya anda mengikuti lebih dulu, karena itu artinya anda sedang menjemput rezeki ke halaman pelanggan. Namun anda harus bijak dalam mengikuti orang dan jangan sampai anda melakukannya dengan percuma.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Sosial Media Untuk Kebutuhan Marketing

Pastikan anda memfollow orang-orang yang memang memiliki ketertarikan dengan situs belanja online dan jangan lupa sesuaikan kategori produk anda dengan orang yang anda follow, jangan sampai anda anda memfollow seseorang yang tidak berpotensi sebagai seorang pembeli.

3. Pasarkan dengan terjadwal

Setelah memiliki akun instagram, maka sudah saatnya anda mulai melakukan pemasaran. Langkah pertama yang wajib anda lakukan adalah membuat jadwal karena sebuah langkah pemasaran yang baik, haruslah diberengi dengan sebuah rencana / jadwal yang berkesinambungan.

Susun hal ini secara detail dan lakukan dengan bertahap. Anda dapat membuatnya dengan sebuah jadwal mengunggah foto secara berkala, misalnya 2-3 kali dalam sepekan. Pilih hari yang tepat untuk melakukannya dan jadikan hal tersebut sebagai sebuah jadwal rutin, di mana para pelanggan akan mengingatnya dengan mudah dan menjadikan jadwal anda sebagai sebuah hal yang mereka tunggu di hari-hari tertentu.

saving-time-on-social-media

Anda harus disiplin dalam menjalankan jadwal tetap anda, karena ini juga akan memengaruhi respons pelanggan terhadap aktivitas akun anda. Di akhir bulan, anda juga bisa membuat beberapa foto pilihan, seperti: barang yang paling banyak dicari, barang yang paling cepat habis terjual.

4. Unggah yang terbaik

Anda tentu sudah paham dengan berbagai macam fitur di dalam instagram, bukan? Karena itu anda harus memaksimalkan semua fitur tersebut di dalam kegiatan pemasaran anda. Lakukan dengan cara profesional, manfaatkan semua keahlian yang anda miliki di dalam mengolah sebuah foto, namun bukan berarti hasil foto yang anda tunjukkan jauh melampaui kondisi barang aslinya.

Pilih hanya foto-foto terbaik yang bisa mewakili produk anda. Unggah dan tunjukkan dengan se-menarik mungkin, agar para pelanggan setia anda menjadi tertarik untuk membelinya. Barangkali sebagian orang akan menganggap hal ini sebagai pekerjaan mudah, namun anda perlu selalu ingat bahwa di dalam bisnis online, sebuah foto / gambar adalah apa yang anda jual kepada pelanggan, karena itu maksimalkan kegiatan ini sebagai pokok utama di dalam pemasaran online yang anda lakukan.

5. Tunjukkan kualitas produk

Salah satu hal yang dapat anda lakukan dalam memaksimalkan pemasaran online adalah dengan cara menunjukkan kualitas produk melalui proses pembuatan yang profesional. Pilih dan unggah beberapa foto yang menarik pada saat terjadinya proses produksi, hal ini akan menjadi daya tarik lebih bagi para pelanggan anda karena mereka bisa melihat aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan produk anda.

Instagram-Action-Oriented-Blog-Post-Mock-Up

Di dalam pemasaran online, bukan perkara mudah membuat orang percaya pada apa yang sedang kita pasarkan, karena itu langkah ini bisa anda jadikan sebagai salah satu cara membuat para pelanggan percaya akan kualitas produk anda.

6. Jalin hubungan baik

Awal dari sebuah hubungan adalah komunikasi dan hal ini juga patut anda jalankan di dalam bisnis online anda. Miliki dan jalankan sebuah komunikasi yang baik dengan pelanggan, anda dapat berinteraksi melalui komentar di instagram anda atau anda juga bisa menyertakan jenis layanan interaksi lainnya, seperti: Blackberry messenger, Whatsapp dan yang lainnya.

Hal ini akan membuat kedekatan yang positif dan hubungan yang baik antara anda dan pelanggan anda. Jangan malas untuk berinteraksi dengan pelanggan, karena seorang pelanggan akan berpotensi menjadi seorang pelanggan tetap hanya apabila dia mendapatkan layanan terbaik dan komunikasi yang menyenangkan saat berbelanja.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Efektif yang Dapat Diterapkan pada Bisnis Online

7. Pasarkan dengan kreatif

Jangan melakukan hal yang monoton dan membosankan di dalam pemasaran online yang anda jalankan. Anda bisa mengunggah satu atau dua video singkat / foto unik sebagai selingan yang menarik di dalam akun anda. Pilih yang terbaik dan tidak berpotensi untuk mengganggu aktivitas utama akun anda, hal ini akan menyenangkan dan membuat pelanggan anda tidak jenuh karena hanya dijejali dengan foto yang itu-itu saja.

Lakukan sebagai seorang profesional

Sebagaimana media pemasaran lainnya, instagram juga berpotensi untuk menaikkan angka penjualan bisnis online anda. Jangan hanya terpaku pada rutinitas pemasaran yang itu-itu saja, anda bisa mengembangkan berbagai cara di dalam pemasaran online, khususnya lewat instagram. Kreatifitas dan kejelian anda dalam mengolah foto, akan membantu anda melakukannya. Yang ahli dalam menjalankan bisnis, bukan hanya mereka yang bisa menghasilkan produk unggulan, namun mereka yang cerdas di dalam melakukan pemasaran.

Share this