7 Cara untuk Menjangkau Target Pasar Anda di Facebook

December 26, 2015 - Pemasaran digital

Facebook adalah situs web kedua terbesar di internet. Memiliki akun Facebook untuk bisnis Anda adalahmaxresdefault suatu keharusan untuk perusahaan yang ingin berkembang luas di jaringan internet. Akan tetapi, akun Facebook tidak berguna kecuali Anda bisa menjangkau orang-orang yang membutuhkan produk dan layanan Anda. Marilah kita melihat tujuh cara untuk menjangkau target pasar Anda di Facebook:

  1. Jika belum, buatlah halaman bisnis

Banyak perusahaan sudah memiliki halaman bisnis Facebook. Membuat halaman bisnis Facebook itu mudah. Pertama, masuklah ke Facebook dan bukalah halaman utama Anda. Pilih “Buat halaman” di bagian kiri. Pilih satu kategori dan isilah semua informasi yang sesuai. Anda dapat mengunggah foto sampul Anda. Jika Anda kesulitan mencari sesuatu, gunakan fitur pencarian untuk menemukan hal-hal yang ingin Anda cari hanya dalam hitungan detik.

  1. Terlibatlah dalam percakapan

Cara ini merupakan cara terbaik untuk membuat orang-orang tertarik dengan perusahaan Anda. Dengan berinteraksi dengan pelanggan berpotensi, Anda bisa mendapatkan perhatian mereka secara pribadi untuk meningkatkan laju konversi Anda. Selain itu, mereka juga mungkin akan membantu menyebarkan bisnis Anda dengan memberi tahu teman-teman mereka.

facebook-art-marketing-webinar1

Akan tetapi, ada satu masalah utama yang harus Anda hadapi: waktu. Berinteraksi di tempat-tem pat yang tepat dengan banyak orang yang mungkin tertarik dengan bisnis Anda, sangat menghabiskan waktu. Solusi termudahnya adalah mempekerjakan orang lain untuk melakukannya; tetapi, ini menghabiskan uang.

Untuk mengurangi biaya dan meningkatkan jumlah pekerja, carilah pekerja lepas atau paruh waktu di internet atau situs-situs web untuk pekerja lepas. Anda tidak perlu membayar kompensasi pekerja, memberikan bantuan kesehatan, atau menghadapi masalah asuransi lainnya. Berikan saja semua informasi yang sesuai dan biarkan mereka bekerja.

  1. Analisis akun Facebook kompetitor Anda

Untuk mengetahui rencana kompetitor Anda, bukalah akun Facebook mereka dan lihatlah yang mereka lakukan. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mencapai lebih banyak target pasar. Lihatlah tipe-tipe grup tempat kompetitor Anda bergabung sehingga Anda dapat bergabung dengan grup-grup ini dan mulai berinteraksi di dalamnya.

Selain itu, ada banyak bisnis yang tidak berkompetisi dengan Anda, tetapi menyediakan hal-hal yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan menganalisis akun-akun ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan yang berharga tentang akun-akun dan grup-grup lain. Dengan melakukan hal ini, Anda juga mengembangkan jangkauan target pasar Anda.

  1. Publikasikan update rutin

Dengan publikasi rutin, Anda menunjukkan keaktifan Anda di Facebook dengan cara yang ramah sekaligus mengembangkan jangkauan pasar Anda. Jika ada orang yang tidak menginginkan update dalam feed mereka, mereka selalu dapat menghapus pertemanan Anda. Akan tetapi, jika ada orang yang menginginkan update, mereka pasti akan mendapatkan update yang diinginkan.

Hanya saja, jangan berlebihan dalam publikasi. Anda harus memperkirakan jumlah update per hari atau per minggu yang sesuai. Terlalu banyak publikasi akan mengganggu orang.

  1. Berikan penawaran khusus

Strategi pemasaran lainnya adalah memberikan penawaran-penawaran menarik untuk produk dan layanan Anda. Anda dapat menawarkan diskon untuk barang tertentu dalam periode waktu yang terbatas. Anda juga dapat memberikan informasi atau produk gratis agar mereka membeli lebih banyak produk atau mengupgrade produk gratis yang mereka dapatkan.

Hal terbaik dalam memberikan penawaran khusus adalah para pelanggan mungkin akan memberi tahu koneksi-koneksi Facebook mereka tentang penawaran Anda. Itulah alasan mengapa Anda harus memastikan bahwa penawaran Anda cukup besar sehingga banyak orang akan menyebarkan penawaran ini ke orang banyak.

  1. Buatlah grup Facebook

Untuk membuat grup di Facebook, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal. Pertama, Anda harus masuk ke akun Anda dan mengeklik ikon “buat grup” di bagian kiri. Kemudian, isilah semua rincian yang relevan dan pilihlah ikon yang keren untuk grup Anda. Setelah membuat grup, undanglah semua pelanggan Anda untuk menjadi bagian dari komunitas baru Anda. Ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menawarkan insentif untuk orang-orang yang bergabung.

  1. Beriklan di Facebook

Ada dua jenis iklan di Facebook: iklan yang muncul di sisi kanan dan iklan yang muncul di feed berita. Iklan di feed berita jauh lebih efektif dan tingkat kesuksesannya jauh lebih tinggi. Akan tetapi, Anda harus memiliki halaman bisnis Facebook.

Facebook juga memiliki banyak pilihan untuk menarget demografi tertentu. Pilihan-pilihan ini akan tersedia saat Anda membeli iklan Facebook Anda. Jadi, Anda harus menyiapkan semua informasi ini sebelum mulai membeli iklan Anda.

VeterinaryFacebookAds1

Menggunakan banyak sarana di Facebook itu mudah. Akan tetapi, menggunakan sarana ini menghabiskan waktu dan usaha yang berharga. Jadi, Anda sebaiknya mempekerjakan beberapa pekerja untuk berinteraksi dengan pelanggan, mengumpulkan informasi tentang kompetitor, dan mencari informasi tentang rincian target pelanggan Anda. Sarana media sosial yang hebat ini dapat mengembangkan jangkauan usaha Anda jika Anda melakukannya dengan benar dan terus berusaha.

 

Diadaptasi dari Business2Community

Share this