7 Cara untuk Membuat Navigasi Web Mudah untuk Pengunjung Baru

February 29, 2016 - Pemasaran digital

Di tahun 2016 yang baru ini, peramban internet dapat mengakses lebih dari miliaran atau bahkan triliunan situs web – angka yang terus naik setiap detiknya. Karena itulah, penting untuk membuat navigasi situs web mudah. Kapan pun pengunjung sampai di situs web kita untuk pertama kalinya, mereka menghadapi tampilan antarmuka yang baru dan harus menyesuaikan. Jika pengunjung kesulitan menggunakan navigasi situs, pengunjung mungkin akan mencari situs lainnya.

Dalam survei yang dilakukan oleh HubSpot, 76 persen responden mengatakan bahwa faktor terpenting yang mereka pertimbangkan saat mengkritik suatu situs web adalah kemudahan untuk menemukan hal-hal yang mereka inginkan. Pemilik situs web yang ingin mempermudah navigasi situs mereka untuk para pengunjung baru, sebaiknya mencoba tujuh tips berikut:

1. Akses

booma-web-navigation

Saat pengunjung mengakses web, mereka biasanya memiliki tujuan. Tujuan ini biasanya adalah untuk mencari informasi, baik yang berkaitan dengan perusahaan, profil media sosial, tim olahraga, maupun berita. Saat pemilik web menyadari keinginan pengunjung untuk mencari informasi, sebaiknya pemilik web membuat informasi itu dapat diakses dengan mudah. Susunlah data dengan cara yang mudah diikuti dan dicari. Dengan demikian, pengunjung baru hanya perlu beberapa detik untuk mengetahui cara untuk mengakses informasi yang diinginkan. Kegagalan untuk membuat akses informasi mudah dapat mencegah pengunjung untuk kembali.

2. Keindahan

Susunlah setiap kategori utama dengan rapi dan jelas di bar navigasi, lalu tambahkan kotak pencarian sederhana. Usahakan agar pengunjung baru langsung mengetahui produk yang ditawarkan dengan gambar visual dan deskripsi teks yang besar.

download

Pengunjung senang pola yang menarik untuk mata. Buatlah desain situs web Anda manis, jelas, sesuai dengan tema dan mudah dipahami. Perhatikan warna dan ukurannya. Pastikan Anda menggunakan gambar-gambar yang menarik dan jelas. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mencoba membaca teks berwarna hitam dengan latar belakang warna biru tua. Jadi, perhatikan juga kontras warna. Coba lihat contoh gambar, apakah tulisannya mudah dibaca ataukah membuat mata sakit?

3. Kerapian

worst-website

Pastikan situs web Anda tidak dipenuhi dengan terlalu banyak konten. Seperti halaman kosong yang digunakan di novel, pastikan beberapa bagian situs web Anda tidak penuh dengan teks, gambar, atau konten lain. Malahan, halaman kosong bisa diberi gambar yang menarik. Pengunjung tidak menginginkan terlalu banyak data. Contoh situs web di atas membuat pengunjung pusing dan tidak dapat mencari informasi dengan mudah.

4. Identitas web

Banggalah dengan identitas situs web Anda. Pastikan siapa pun yang mengunjungi web Anda dapat mengetahui tujuan pembuatan situs web Anda dengan cepat. Tampilkan logo situs web Anda dan letakkan sarana lain di tempat yang mudah dicari.

5. Kecepatan

funny-facebook-cover-is-loading

Jika halaman tidak termuat dengan cepat, kita akan frustasi dan tidak sabar. Perhatikan waktu muat situs web Anda sehingga pengunjung tidak menatap layar dan bertanya-tanya kapan situs Anda akan terbuka. Semakin cepat, semakin baik.

6. Ramah pengguna

Jelaskan tujuan, keuntungan utama, dan informasi Anda di tempat-tempat yang mudah dicari. Ini sangat penting untuk keramahan pengguna. Bayangkan jika Anda membaca sebuah halaman web yang berisi 10 atau 20 layanan. Pengunjung tidak punya waktu untuk membaca semuanya sekaligus. Usahakan agar pengunjung dapat memahami produk dan keuntungannya dalam waktu kurang dari 3 detik.

pop-ups

Selain itu, sekarang sudah ada banyak AdBlock, yang artinya iklan pop-up menjadi tidak terlalu efisien. Tidak ada orang yang senang jika seorang pemasar menelepon mereka padahal mereka baru saja akan duduk dan makan dengan keluarga. Sama seperti ilustrasi itu, pengunjung tidak suka “dibombardir” dengan iklan pop-up. Jadi, pastikan iklan pop-up digunakan seperlunya.

Bayangkan jika Anda membuka suatu web dan langsung mendapatkan iklan pop-up saat situs web itu termuat. Itu adalah bendera merah untuk Anda dan langsung menghentikan keinginan pengunjung untuk membuka web.

7. Ekspektasi

Pengunjung memiliki banyak ekspektasi karena ada berbagai cara untuk mereka dapat sampai di situs web Anda. Jadi, usahakan untuk mengatur “tren”. Misalnya, untuk toko pakaian, gunakan gambar pakaian renang di halaman utama Anda. Kemudian, gunakan deskripsi seperti: “Tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk musim panas selanjutnya!”

Meskipun kebanyakan hyperlink menggunakan warna biru, banyak desainer tidak mengikuti kebiasaan ini. Saat ini, hyperlink bisa berwarna apa saja. Malahan, terkadang hyperlink tidak digarisbawahi. Untuk membuat proses navigasi menjadi mudah untuk pengguna baru, pastikan agar hyperlink Anda jelas terlihat – apa pun warnanya. Anda tidak ingin kehilangan pengunjung hanya karena Anda tidak membedakan hyperlink dan teks biasa dengan jelas, kan?

Saat Anda membaca artikel ini, mungkin sekitar 100 situs web baru dibuat. Penting bagi Anda memastikan agar situs web Anda mudah digunakan sehingga saat pengunjung baru datang, mereka akan kembali lagi. Dengan demikian, Anda mendapatkan lebih banyak traffic dibandingkan kompetitor Anda.

 

Diadaptasi dari Comm100

Share this