5 Tips Mempersiapkan Bisnis E-Commerce Untuk Musim Belanja Akhir Tahun 2016

December 23, 2016 - Pemasaran digital

Akhir tahun, yang ditandai oleh event Natal dan Tahun Baru, biasanya identik dengan musim belanja, dan hal ini tetap berlaku tahun ini. Ini artinya, kinilah saatnya Anda mempersiapkan bisnis e-commerce Anda agar siap beroperasi dengan performa optimal. Menurut Federasi Retail National di Amerika, 20%-40% dari keseluruhan penjualan sepanjang tahun oleh pedagang berukuran kecil dan sedang, terjadi dalam dua bulan penutup tahun. Lebih lanjutnya, para pakar memprediksikan kenaikan penjualan sebanyak 17,2% di akhir tahun 2016, dengan konsumer mulai belanja online lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah 5 tips untuk mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun 2016, agar musim belanja ini membawa sukses bagi Anda.

Atur Strategi Dalam Merchandising

5 Tips Mempersiapkan Bisnis E-Commerce Untuk Musim Belanja Akhir Tahun 2016

Yang dimaksud dengan merchandising di sini adalah mempersiapkan produk-produk yang Anda tawarkan melalui bisnis e-commerce Anda. Salah satu langkah paling penting untuk kesuksesan musim belanja akhir tahun adalah mencari pola belanja pelanggan Anda, dan kemudian mempersiapkan produk-produk pilihan sesuai dengan pola tersebut. Pembeli kadang kesulitan dalam menemukan produk tertentu, dan mungkin saja mereka jadi batal membeli barang yang menarik. Untuk menghindari hal ini, ciptakan sebuah landing page spesial, yang mem-fitur barang-barang sesuai dengan kategori masing-masing. Gunakan halaman depan website Anda untuk menampilkan banner dengan kategori-kategori ini, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Berinvestasilah dalam tools seperti “serupa dengan yang Anda cari dan lihat” agar pembeli memiliki pilihan dalam beberapa ukuran dan warna. Ciptakan beberapa variasi bundelan dengan aksesori atau produk pelengkap, seperti anting dan kalung, atau ponsel dan casing. Hal ini menjadikan belanja menyenangkan dan mudah. Satu hal yang pantas diingat: jangan berlebihan dalam menampilkan promo atau tawaran spesial di website Anda, karena hal ini dapat membuat navigasi web menjadi sulit. Anda pun beresiko membuat pelanggan kabur. Dan yang terpenting, jika Anda menawarkan barang promosi, tawarkanlah dengan sejelas dan setransparan mungkin, dan tanpa uneg-uneg, karena ini dapat memberikan image negatif pada brand Anda.

Tingkatkan Kualitas Konten Anda

5 Tips Mempersiapkan Bisnis E-Commerce Untuk Musim Belanja Akhir Tahun 2016

Ketika berbelanja online, pembeli memutuskan barang yang hendak dibeli berdasarkan a) informasi produk yang Anda sediakan, dan b) ulasan yang ditinggalkan oleh para ahli atau pembeli lain tentang produk tersebut dan tentang Anda. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk menyediakan banyak gambar produk, video deskripsi produk, teks deskripsi produk, dimensi barang, dan semua informasi lain yang dapat mendorong keputusan pelanggan untuk membeli. Semakin lengkap katalog Anda, semakin besar kemungkinan Anda menjual. Tentu saja, doronglah pembeli untuk meninggalkan ulasan di website Anda, karena calon pembeli potensial mempercayai opini pembeli lainnya. Beberapa minggu sebelum musim belanja akhir tahun mulai, sisihkan waktu untuk benar-benar membenahi strategi konten Anda, termasuk meningkatkan kualitas postingan di blog ataupun di media sosial yang bertujuan untuk menarik perhatian pebelanja akhir tahun di target pasar Anda. Semakin cepat Anda mulai mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun, semakin banyak kesempatan Anda untuk menulis konten yang berkualitas.

Persiapkan Staff Anda

5 Tips Mempersiapkan Bisnis E-Commerce Untuk Musim Belanja Akhir Tahun 2016

 

Sering kali, sebelum membeli, pelanggan mengajukan pertanyaan. Anda harus siap untuk menjawab secepat mungkin. Walaupun Anda menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya, menyiapkan barang agar siap untuk dikirim merupakan proses yang menghabiskan banyak waktu, terutama untuk bisnis kecil. Jangan ragu untuk mempekerjakan staff ekstra dalam rangka mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun. Siapkan pula budget untuk mempersiapkan barang-barang yang butuh untuk dibungkus dengan bingkisan kado atau dengan pesan spesial di dalamnya. Siapkan waktu untuk melatih staff baru tentang proses-proses rutin, untuk menciptakan manual Prosedur Operasi Standar, dan bahkan untuk mencoba beberapa sesi latihan demi meyakinkan bahwa staff Anda dapat memproses pemesanan bersama-sama. Definisikan jawaban standar untuk tim Anda dalam menjawab email, tweet, pertanyaan yang diajukan lewat telepon ataupun Facebook, dan pastikan bahwa seluruh tim mengaplikasikannya.

Pastikan Proses Pengiriman Anda Sempurna

pengiriman sempurna dalam mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun

Pertama-tama, pastikan bahwa di tiap deksripsi produk, Anda telah mengkomunikasikan dengan jelas estimasi waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk barang tersebut. Sering kali, terjadi kekacauan pada lini pemasokan antara pabrik dan pemasok ketika pemesanan sedang puncak-puncaknya. Pastikan bahwa semua pasokan Anda akan datang tepat waktu. Juga, pastikan dengan penyedia jasa pengiriman langganan Anda bahwa tidak ada perubahan estimasi masa pengiriman menjelang akhir tahun. Jujurlah pada pelanggan Anda tentang masa pengiriman. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengintegrasikan sistem tracking dari penyedia jasa pengiriman, agar pelanggan Anda dapat lebih mudah mengikuti pesanan sampai diterima di tangan mereka. Ciptakan pula sistem SMS dan email di mana Anda bisa berkomunikasi secara real time dengan mereka.

Optimalkan Layanan Pelanggan Anda

layanan pelanggan dalam mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun

Tahukah Anda bahwa layanan pelanggan memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan di bisnis e-commerce? Di era digital sekarang ini, di mana pebisnis baru muncul setiap hari, kualitas dukungan pelanggan Anda adalah faktor penentu dalam mendapatkan pelanggan baru, dan mempertahankan yang sebelumnya sudah pernah membeli dari Anda. Ingatlah, kepuasan dan loyalitas pelanggan sangatlah menentukan dalam kesuksesan bisnis e-commerce Anda. Pelanggan sekarang ini mengharapkan layanan yang bukan saja bagus, tetapi luar biasa. Dan faktor utama yang pelanggan hargai adalah kecepatan Anda dalam menjawab pertanyaan atau keluhan mereka. Inilah sebabnya, perusahaan-perusahaan yang telah menyadari hal ini berinvestasi dalam layanan live chat, dalam usaha untuk memberikan layanan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Ada banyak manfaat meng-install live chat di website bisnis Anda, termasuk meningkatkan penjualan, mengurangi pengeluaran bisnis, dan mengurangi tingkat ketidaknyamanan pelanggan ketika berusaha menghubungi dukungan pelanggan. Jika Anda ingin mulai merasakan manfaat aplikasi live chat untuk bisnis Anda, Subiz menawarkan solusi live chat terpercaya. Selain fitur chat secara langsung, Subiz menawarkan fitur-fitur cerdas lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat layanan pelanggan Anda luar biasa, misalnya fitur analytic, visitor tracking, kutomisasi widget, dan lain-lain. Tak ketinggalan pula, Subiz menawarkan periode percobaan gratis yang dapat mulai Anda coba sekarang juga.

Coba Subiz gratis sekarang juga

Natal dan Tahun Baru adalah masa yang sibuk untuk pemilik bisnis kecil, baik secara personal maupun profesional. Dengan merencanakan strategi promosi dan marketing Anda sedini mungkin, Anda akan dapat mempersiapkan bisnis e-commerce untuk akhir tahun sehingga bisnis Anda mendapatkan sukses pada musim belanja menjelang pergantian tahun.

                                                                                                  Diadaptasi dari Tech.Firstpost.com

Share this