5 Layanan Pelanggan dan Tren Pengalaman yang Tidak Boleh Diabaikan

March 24, 2016 - Pelayanan pelanggan

Tren Bisnis

Tahun 2016 sudah berjalan selama 3 bulan, dan ada banyak hal penting yang harus dipertimbangkan oleh kita dan para pebisnis lain saat kita melangkah ke bulan-bulan selanjutnya. Berikut ini adalah 5 tren – yang merupakan tren terpenting – yang harus diperhatikan oleh banyak orang, terutama para pebisnis.

1. Para pelanggan Anda menjadi jauh lebih pintar.

Saat berbicara tentang layanan pelanggan, mereka mengetahui perbedaan yang jelas antara layanan yang baik dan buruk. Mereka tidak hanya membandingkan bisnis Anda dengan bisnis lainnya dalam industri Anda, tetapi juga dengan bisnis-bisnis lain di luar industri Anda. Jika Anda membuka restoran, para pelanggan Anda akan membandingkan menu dan pelayanan restoran Anda dengan restoran lain sekaligus bisnis di bidang lain, seperti toko handphone. Para pelanggan Anda memperhatikan perusahaan-perusahaan yang menunjukkan betapa hebatnya layanan pelanggan mereka, penghargaan-penghargaan untuk layanan pelanggan yang dimenangkan, dan banyak lainnya. Bisnis membuat suatu ekspektasi yang memaksa kita untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pengalaman pelanggan. Akan tetapi, hal itu tentunya adalah sesuatu yang baik.

 2. Jika Anda belum melakukannya, sudah waktunya untuk memaksimalkan layanan pelanggan yang bersifat mandiri.

FAQ

Mandiri berarti bahwa pelanggan bisa mencari jawaban sendiri atas pertanyaan mereka. Pilihan ini tidak terbatas hanya untuk perusahaan yang mempunyai pusat dukungan atau saluran telepon untuk layanan pelanggan. Apa pun jenis bisnis yang Anda jalani, pelanggan Anda akan selalu mempunyai pertanyaan. Buatlah mereka mudah menemukan halaman FAQ (Frequently Asked Question) di situs web Anda. Alternatif lain adalah buatlah video YouTube yang menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan Anda. Dengan demikian, beberapa pertanyaan mereka akan terjawab dengan cara yang efektif dan menarik tanpa perlu menghubungi layanan pelanggan.

 3. Media sosial dan layanan pelanggan adalah sesuatu yang tidak terpisahkan.

Saya tidak tahu mengapa banyak perusahaan tidak memantau saluran media sosial tempat para pelanggan mereka “berkicau”. Sangat penting untuk membaca, menyaksikan, dan mendengarkan komentar-komentar pelanggan, baik yang baik maupun yang buruk. Kemudian, Anda bisa menanggapi pelanggan Anda di saluran media sosial sebagai suatu bentuk layanan pelanggan. Jangan melawan arus tren, tetapi manfaatkanlah tren ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

 4. Ponsel pintar semakin pintar dan pintar.

Fotolia_68537394_Subscription_Yearly_XXL_PLUS-e1437672334702-1200x672

Hal yang perlu Anda ingat adalah… untuk beberapa orang, bagian yang tidak penting dari ponsel pintar adalah ponsel itu sendiri. Mengapa? Ponsel pintar adalah piranti yang digunakan oleh para pelanggan untuk menghubungkan Anda dengan perusahaan Anda. Mereka melihat situs web Anda, produk Anda, deskripsi, layanan, review, dan banyak lainnya. Ini tentunya merupakan langkah yang penting dalam proses melakukan pembelian. Pastikan bisnis Anda siap dijalankan dalam ponsel dan memanfaatkan revolusi ponsel pintar ini.

 5. Ucapan terima kasih dengan tulisan tangan belum kehilangan pesonanya.

Wedding-Shower-Thank-You-by-Karly-K-as-seen-on-Hill-City-Bride

Malahan, ucapan ini lebih relevan daripada jenis ucapan lainnya. Ucapan terima kasih yang kuno tetapi menarik akan membuat bisnis Anda menonjol. Tidak bisa menulis ucapan? Anda bisa menggunakan email pribadi yang khusus atau pesan teks yang penuh makna. Kuncinya adalah pribadi dan penuh makna. Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Anda “menghangatkan” pesan yang Anda kirimkan dan membuat pelanggan Anda benar-benar merasa dihargai. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menambahkan momen positif dalam pengalaman pelanggan Anda.

Jadi, inilah 5 dari banyak tren yang sedang terjadi di dunia layanan pelanggan dan pengalaman pelanggan. Tentunya, ada banyak tren lain yang tidak kalah pentingnya. Tetapi, kelima ide-ide ini layak untuk dipertimbangkan oleh para pebisnis dan pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Jika Anda belum memanfaatkan kelima tren ini, ada baiknya jika ada mulai memanfaatkannya sekarang!

 

Diadaptasi dari Business2Community

Share this